English English Indonesian Indonesian
oleh

YHK Gandeng YJI Pelatihan Senam Jantung Sehat

MAKASSAR, FAJAR — Yayasan Hadji Kalla (YHK) gandeng Yayasan Jantung Indonesia (YJI) menggelar progam pelatihan klub senam jantung sehat di Sinjai.

Angka kematian akibat penyakit tidak menular ini semakin meningkat. Pada 2020, dari 52 persen angka kematian di seluruh dunia akibat penyakit tidak menular, yang terbanyak disebabkan oleh penyakit jantung.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2020, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Setidaknya, 15 dari 1.000 orang, atau sekitar 2.784.064 individu di Indonesia menderita penyakit jantung.

Melihat kondisi tersebut, Yayasan Hadji Kalla Melalui Bidang Humanity and Environment, menginisiasi Program Pendidikan Pelatih Klub Senam Jantung Sehat angkatan keempat di Gedung Wisma Hawai, Jl Persatuan Raya Nomor 161, Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, pada 26 September 2022.

Program ini adalah salah satu program unggulan dari bidang Kemanusiaan dan Lingkungan, Yayasan Hadji Kalla dalam rangka pencegahan penyakit jantung di Sulsel.

Pada dasarnya, senam jantung sehat adalah senam yang dapat membuat detak jantung lebih cepat dan tubuh lebih berkeringat. Peran utama senam jantung sehat adalah meningkatkan fungsi jantung, memperkuat otot jantung, dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.

Tak hanya itu. Senam jantung sehat juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga berat badan ideal, mencegah kerusakan pembuluh darah, serta menurunkan kolesterol, gula darah, dan tekanan darah sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

News Feed