English English Indonesian Indonesian
oleh

Dua Tahun Mengabdi di Rampi, Nakes Nusantara Sehat Buat Inovasi

FAJAR, MASAMBA-Para tenaga kesehatan (Nakes) dari Nusantara Sehat (NS) Kementerian Kesehatan RI mengabdi di daerah terpencil dan tertinggal di Luwu Utara. Mereka melakukan inovasi bernama “Asyik Pesta Posyandu” selama dua tahun berada di Kecamatan Rampi.

Meski mengabdi pada Kecamatan pegunungan yang memiliki akses jalan yang ekstrem ini, mereka tetap berinovasi di bidang kesehatan. Saat menemui bupati, seluruh tim Nusantara Sehat di daerah terpencil ini melaporkan profil singkat kondisi kesehatan di Rampi.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Luwu Utara Marhani Katma, yang ikut hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan, segudang inovasi telah dilahirkan oleh Tim Nusantara Sehat selama dua tahun bertugas di Kecamatan Rampi.

“Tentu kita sangat merespons dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan Tim Nusantara Sehat di Kecamatan Rampi, utamanya dalam mengedukasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” tutur Kadis Kesehatan Luwu Utara, Marhani.

Marhani berjanji akan melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh Tim Nusantara Sehat tersebut, utamanya dalam mereplikasi atau mengembangkan berbagai inovasi yang telah dilahirkan selama dua penugasan Tim tersebut di Kecamatan Rampi.

Nusantara Sehat ini juga membawa program dari Kementerian Kesehatan, khususnya program yang dapat diselesaikan selama dua tahun masa penugasan. “Mereka banyak membantu di daerah, utamanya di wilayah terpencil,” paparnya.

Bupati Lutra Indah Putri Indriani juga menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih atas pengabdian Tim NS selama dua tahun di Rampi. “Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi atas apa yang telah kita lakukan selama dua tahun di Rampi,” ucap Indah. (shd/*)

News Feed