English English Indonesian Indonesian
oleh

Buka Wawasan Lulusan Paket C, Polimedia Beri Bimtek Beasiswa Kuliah

FAJAR, MAKASSAR-Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) Makassar rutin menghelat Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendaftaran dan Beasiswa Kuliah. Rutinitas tahunan itu sekaligus pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Siswa binaan program kesetaraan di salah satu Satuan Pendidikan Nonformal (SPNF) Kabupaten Bulukumba menjadi sasarannya. Siswa tersebut pun berhasil lulus masuk Perguruan Tinggi setelah mengikuti Bimbingan Teknis Pendaftaran dan Beasiswa Kuliah oleh Politeknik Negeri Media Kreatif.

Kegiatan tersebut terlaksana di PKBM Mattirobaji, Desa Seppang, Kecamatan Ujung Loe yang berkolaborasi dengan SKB Bulukumba. Bimbingan itu bahkan masih berlanjut hingga proses administrasi PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) kampus ditutup awal bulan September 2022. Kegiatan itu dilakukan dua Dosen Polimedia yaitu, Ferawaty Syam dan Muhajir.

Dosen Polimedia PSDKU Makassar, Muhajir menjelaskan, Polimedia menyelenggarakan kegiatan seperti ini agar dapat membuka wawasan para lulusan Paket C (pendidikan setara SMA/MA/SMK) terkait Perguruan Tinggi dan peluang Beasiswa Kuliah.

“Sehingga dapat meningkatkatkan minat kuliah mereka yang sebelumnya meredup karena minimnya motivasi, informasi, dan edukasi,” ujarnya.

Tutor SPNF SKB (Sanggar Kegiatan Belajar), Riskawati dan pengelola PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Mattirobaji, Fatmawati menyambut baik agenda itu. Dia sangat berharap semoga dengan hadirnya kegiatan seperti ini, citra program kesetaraan khususnya Paket C bisa lebih baik.

Utamanya mencetak lulusan yang mampu melanjutkan pendidikan formal ke bangku kuliah dan memperoleh beasiswa kuliah karena mayoritas siswa terkendala oleh faktor ekonomi. “Siswa Paket C berpotensi untuk kuliah, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak kuliah,” kata Fatmawati.

Katanya, siswa dapat meningkatkan keterampilan di Perguruan Tinggi. “Jadi Informasi Perguruan Tinggi dan Beasiswa kuliah sudah kita dengarkan bersama, tinggal kemauan kita menjemputnya,” jelasnya. (*/ham)

News Feed