English English Indonesian Indonesian
oleh

Kang Emil Promosi Pariwisata Jabar di Makassar

MAKASSAR, FAJAR — Pemprov Jawa Barat (Jabar) turut serta Makassar International Eight Festival and Forum (F8) di kawasan Pantai Losari selama 7-11 September 2022.

Dalam keterlibatan perdananya, Pemprov Jabar membawa misi mempromosikan wisata pada masyarakat wilayah Indonesia timur dan mengembangkan ekonomi kreatif Jabar untuk dapat dikolaborasikan dengan para pelaku ekonomi kreatif Makassar khususnya, dan Sulsel pada umumnya.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, memboyong 24 pelaku UMKM dan ekonomi kreatif Jabar di bidang fashion, kuliner, food, dan kerajinan tangan. Hal itu senada dengan F8 yang diusung tuan rumah yaitu fashion, food, fiction writers and fonts, fine art, folks, fusion music, flora and fauna, dan film.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil memberikan dukungan penuh dan hadir pada Rabu, 7 September 2022. Kang Emil pun dijadwalkan turut memeriahkan acara dengan berlenggak di gelaran peragaan busana atau minimal fashion walk di booth Paviliun Jabar.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Chandrawulan mengatakan, Jabar ikut serta pada F8 bukan tanpa alasan. F8 merupakan agenda kepariwisataan dan ekonomi kreatif nasional yang berskala internasional di Indonesia. Pengunjungnya dari tiap tahunnya terus meningkat hingga jutaan pengunjung selama kegiatan berlangsung.

“Kenapa Makassar menjadi prioritas dalam rangkaian event tahun ini. Pertama berdasarkan analisa data Nesparda 2021 (Neraca Satelit Kepariwisataan Daerah) bahwa kunjungan wisatawan di Jawa Barat yang mencapai 40 juta orang pada 2021 didominasi oleh Pulau Jawa dan kunjungan yang paling besar justru orang Jawa Barat juga. Oleh karena itu kita harus melakukan penetrasi pasar khususnya ke area Indonesia timur dan Indonesia barat,” ujar Chandrawulan.

News Feed