English English Indonesian Indonesian
oleh

Yayasan Hadji Kalla Gelar Pelatihan Parenting Islam

FAJAR, MAKASSAR — Yayasan Hadji Kalla menggandeng Rumah Zakat untuk mengedukasi warga Kecamatan Makassar melalui program pelatihan parenting Islami. Kegiatan ini berlangsung di Aula Serbaguna, Kompleks Asrama Cacat Wirajaya, selama 5-6 September.

Program ini adalah salah satu bagian dari program Bidang Educare dalam rangka partisipasi untuk menekan angka kasus kekerasan terhadap anak di Makassar yang meningkat pada rentang waktu lima tahun.

Hal ini dapat memicu kerusakan psikis dan berpengaruh pada tingkat kenakalan pada anak. Salah satunya karena orang tua yang tidak memahami konsep pengasuhan yang baik. Atas dasar tersebutlah, Yayasan Hadji Kalla menjalankan program ini.

Bekerja sama dengan Rumah Zakat, Yayasan Hadji Kalla mendatangkan seorang pemateri yang merupakan mentor, trainer nasional, dan juga praktisi parenting Islami, yang juga menjabat sebagai Direktur Utama Indonesia Juara Foundation, Muhammad Sobirin atau yang akrab disapa Kang Sob.

Officer Program Educare, Ria Supratman menuturkan, anak adalah sesuatu yang paling berharga bagi orang tua. Mereka memberikan manfaat jika benar dalam mendidik. Demikian pula sebaliknya. “Karena anak yang saleh atau saleha itu nantinya akan menjadi aset orang tua,” ucapnya.

Kang Sob memaparkan tiga prinsip pola pengasuhan. Pertama yakin, kedua memantaskan diri, dan yang ketiga adalah siap menerima hasil.

Anak meniru tingkah laku orang tuanya. Bagaimana kelakuan ayah ibunya, demikian juga anak-anaknya. Sebab buah hati adalah sang peniru ulung.

News Feed