English English Indonesian Indonesian
oleh

Jalan Pincang Skuad PSM Wakili Indonesia ke Final AFC Cup Zona ASEAN: Akumulasi Kartu hingga Cedera Pemain Inti

MAKASSAR, FAJAR – PSM Makassar berada di ambang menorehkan sejarah menjadi juara AFC Cup zona Asia Tenggara. Itu terjadi jika di babak puncak Juku Eja bisa menundukkan Kuala Lumpur City FC di Kuala Lumpur FA Stadium, Rabu, (24/8/2022).

Akan tapi, kans menjadi yang terbaik di ASEAN terancam. Sebab, PSM bisa tampil pincang setelah pemain paling penting sekaligus kapten tim Wiljan Pluim masih dibekap cedera. Kondisinya belum fit. Dia bahkan absen saat PSM menang 1-0 atas Arema FC, Sabtu, (20/8/2022).

Pelatih PSM Bernardo Tavares belum bisa memastikan apakah Pluim bisa tampil. ”Saya bukan dokter. Kami harus dengar bagaimana pendapat dokter. Mudah-mudahan dia (Pluim) baik-baik saja,” jelas pelatih asal Portugal tersebut.

Kehadiran pemain asal Belanda itu memang sangat dibutuhkan. Dia adalah sosok leader di skuad Juku Eja. Performanya di lapangan juga cukup bagus.

Dari 4 laga di Liga 1, pemain 32 tahun itu mencatatkan 2 gol dan 1 umpan gol. Masalahnya, PSM tidak hanya bakal kehilangan Pluim. Juku Eja juga tidak akan diperkuat bek Yuran Fernandes dan Agung Mannan.

Dua pemain itu sama-sama mendapat kartu merah di laga semifinal. Belum lagi pemain PSM hanya memiliki waktu recovery selama tiga hari. Bahkan, mereka langsung bertolak ke Malaysia hari ini.

Laga final AFC Cup zona Asia Tenggara memang akan digelar di Kuala Lumpur. Tavares akan melihat kondisi pemain sebelum berangkat. ”Yang jelas, kami akan mengatur skuad di lapangan dengan baik,” ujar Tavares.

Jika Pluim absen, Tavares akan menyiapkan pengganti. Ada Bryan Cesar yang di laga kontra Singo Edan menjadi starter. Yang menjadi masalah tentu saja di lini belakang. Yuran Fernandes dan Agung Mannan tidak tergantikan di posisi belakang. Mungkin Dallen Doke dan Erwin Gutawa yang disiapkan menjadi pengganti.

News Feed