English English Indonesian Indonesian
oleh

Sejuta Cinta dari Tenas III SMAnSA Makassar

Oleh : Akbar Mangenre Kurusi, Alumni SMAnSA 93 Makassar

Kontingen terakhir peserta Temu Nasional (Tenas) III Ikatan Alumni (IKA) SMA Negeri 1 (SMAnSA) Makassar di Kebun Raya Bedugul, Bali, akhirnya tiba di Pelabuhan Sokarno Hatta Makassar. Menempuh 20 jam perjalanan lewat laut dengan mencarter KM Dharma Nusantara VII pergi pulang. Acara Tenas III yang berlangsung pada hari Sabtu, 18 Juni 2022, diiikuti lebih dari 3.275 alumni dari 56 angkatan, mulai dari angkatan 1965 hingga angkatan 2021.

Acara Tenas III IKA SMAnSA Makassar adalah sebuah ikhtiar dalam mewujudkan tujuan yang sangat mulia. Bukan sekadar melepas kangen atau melepas rindu, tetapi juga untuk mempererat tali silaturrahmi sesama alumni, sekaligus menyatukan semua potensi alumni, sehingga terbangun energi positif diantara mereka, yang semuanya akan bermuara untuk kepentingan almamater, buat kepentingan alumni, dan tentu saja demi kepentingan dan kemaslahatan masyarakat.

Jika merunut perjalanan Tenas 1 hingga Tenas III, tentu ada nuansa yang berbeda di tiap Tenasnya. Meskipun demikian tetaplah dalam satu makna dan tujuan yang sama. Saat baru 5 tahun terbentuk (pada tahun 2007), Pengurus IKA SMAnSA Makassar telah berhasil melaksanakan Tenas I pada tahun 2012. Sebagai Tenas yang pertama, tentu saja berbagai tantangan dihadapi oleh Pengurus dan panitia pelaksana. Meskipun demikian, Tenas 1 di bawah koordinator ketua panitianya, Kanda Umar Arsal Alhabsy (angkatan 82), sebagai Sekretaris, Kanda Muslimin (angkatan 73), dan Bendahara, Kanda Anastas Dwijaya (angkatan 82) berlangsung sukses besar dan berhasil menghadirkan kurang lebih 2.500 alumni, di suatu tempat yang bersejarah, tempat yang menjadi simbol keberagaman Bangsa Indonesia, yaitu di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kesuksesan Tenas I inilah menjadi cikal bakal kesuksesan Tenas-tenas selanjutnya.

News Feed