English English Indonesian Indonesian
oleh

PLN Operasikan Tiga Infrastruktur Ketenagalistrikan untuk Peningkatan Mutu Pelayanan

FAJAR, MASAMBA – PT PLN (Persero) terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan, baik yang berada di kota besar maupun yang jauh dari perkotaan. Hal ini diwujudkan dengan pemberian tegangan pertama (energize) bagi 3 pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

Yakni Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV yang menghubungkan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Wotu 275/150 kV Ekstension di Luwu Timur ke Gardu Induk (GI) 150 kV Masamba (New) berkapasitas 30 Mega Volt Ampere di Luwu Utara berhasil dilaksanakan pada Kamis, 16 Juni 2022 pukul 14.00 WITA.

SUTT yang terbentang 110 Kilometer Sirkuit (KMS) dengan 169 Tower akan meningkatkan kualitas pelayanan bagi pelanggan dan menurunkan gangguan jaringan di Sulsel khususnya Luwu Utara. General Manager Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi Defiar Anis menyampaikan beroperasinya 3 infrastruktur ketenagalistrikan ini akan meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan di Luwu Utara,

“Dimana sebelumnya listrik di Luwu Utara dan sekitarnya dipasok melalui Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 20 kV dari GI Wotu dan GI Palopo dengan panjang penyulang terdekat hingga 63 km sd 133 km,” kata Anis. Ia meneruskan jauhnya jarak antara Gardu Induk dengan pusat beban mengakibatkan rendahnya tegangan pelayanan dan gangguan pasokan listrik jaringan 20 kV relatif tinggi.

Sebelum adanya GI 150 kV Masamba tegangan di Masamba berkisar 16,5 kV saja, sedangkan sekarang diharapkan tegangan pelayanannya sudah memenuhi standart layanan PLN berkisar 20 kV. Ia berharap dengan beroperasinya 3 infrastruktur ketenagalistrikan ini dapat meningkatkan geliat investasi dan perekonomian di Sulawesi Selatan khususnya Kabupaten Luwu Utara terutama pasca pandemi covid 19.

News Feed