English English Indonesian Indonesian
oleh

Rektor Prof Ojat Darojat: Inilah Tiga Isu Utama Harus Diatasi di UT

FAJAR, MAKASSAR-Rektor Universitas Terbuka (UT), Prof Ojat Darojat menegaskan kembali tiga isu utama yang harus diatasi di lingkungan UT.

Isu yang menjadi penekanan Menteri Pendidikan yaitu, intoleransi, kekerasan seksual, dan perundungan (bullying). Salah satunya yang menjadi perhatian serius di UT pada kasus kekerasan seksual.

“Saya kira kita sudah punya aturan dan tim khusus yang diberikan amanah untuk mengatasi masalah kekerasan seksual. Terutama di UPBJJ jika ada masalah kekerasan seksual bisa langsung dilaporkan pada kantor Wakil Rektor II,” kata Prof Ojat Darojat.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, pada kasus perundungan, jika ada mahasiswa UT yang secara online di bully oleh teman atau mungkin dalam kegiatan tatap muka di daerah-daerah yang tidak mempunyai akses jaringan, ia bisa langsung disampaikan ke manajemen. “Ini agar kita bisa menjaga dengan baik 3 (tiga) isu utama yang telah diprogramkan oleh Mas Menteri,” ujarnya.

Salah satu juga isu yang tidak kalah penting populernya, yaitu terkait dengan penyalahgunaan narkoba yang sekarang sedang melanda para mahasiswa. Oleh karena itu, isu ini menjadikan konsen kita bersama karena UT ini yang paling sulit dalam mengontrol isu ini dikarenakan mahasiswa naturenya beda dengan perguruan tinggi tatap muka yang lain.

“Karena mereka berkumpul di satu kampus utamanya yang setiap hari ada bimbingan dosen, sedangkan UT itu kampusnya terbuka yang mahasiswanya tersebar di mana-mana di seluruh Indonesia dan 50 negara sehingga kita tidak bisa mengontrol keseharian mereka,” terangnya.

News Feed