English English Indonesian Indonesian
oleh

Andi Amran Sulaiman dan Harapan Unhas “Connection”

OLEH: Muh. Iqbal Latief, Dosen Sosiologi FISIP Unhas

Nakhoda baru Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA-Unhas), kini telah berganti dari Jusuf Kalla (JK) kepada Andi Amran Sulaiman (AAS).

Proses pergantian tersebut, setelah JK memimpin organisasi alumni  selama kurun waktu 25 tahun. Pelantikan pengurus IKA Unhas periode 2022-2026 telah dilaksanakan secara kolosal Sabtu, (14/5). Menariknya, karena saat ini hampir seluruh ikatan alumni perguruan tinggi ternama di Indonesia, telah memperlihatkan kinerja  kelembagaan yang cukup tinggi. Kinerja  tersebut, dalam kaitannya dengan sumbangsih terhadap almamaternya, sinergi antar alumni untuk kemajuan dan kemaslahatan masyarakat, dan kontribusi terhadap bangsa dalam hal sumber daya pemimpin baik di tingkat nasional maupun lokal (provinsi, kabupaten, kota).

Itulah sebabnya, peran strategis alumni makin kuat saat ini, tidak heran, jika muncul istilah ILUNI (Ikatan Alumni UI) Connection, KAGAMA (Keluarga Alumni Gajah Mada) Connection, IPB  Connection, UNDIP Connection, dan beberapa perguruan tinggi besar di Indonesia. Semangat membangun koneksi (jaringan) di antara alumni, selain karena adanya ikatan emosional kuat. Juga untuk  membangun kebersamaan dan jejaring antar alumni di semua bidang khususnya dalam bidang ekonomi dan politik. Pada bidang tersebut, ikatan alumni yang sangat kuat antara lain ILUNI Connection, KAGAMA Connection, dan lain-lain. Mereka berkontribusi tidak hanya di bidang prekonomian tetapi juga kepemimpinan bangsa di semua level.

News Feed