English English Indonesian Indonesian
oleh

24.765 Peserta Ikut UTBK-SBMPTN di Unhas

MAKASSAR,FAJAR-Pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun 2022 berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia. Pelaksanaan gelombang pertama berlangsung 17 Mei- 23 Mei 2022. Saat ujian, panitia menerapkan pengawasan berlapis.

Universitas Hasanuddin (Unhas) sebagai salah satu Pusat UTBK yang ditunjuk oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mengelola ujian bagi 24.765 peserta yang akan menggunakan 985 komputer.

Koordinator Pelaksana Pusat UTBK Unhas, Dr. Eng. Wardi menjelaskan, panitia UTBK Unhas telah menyiapkan 37 ruangan ujian. Di antaranya lima ruangan di tempatkan pada Kampus Tamalanrea, dan lima di ruangan di Teknik Unhas Gowa. Selebihnya dibagi ke beberapa lokasi sekolah yang ada di Makassar.

“Kalau ruangan di Unhas Tamalanrea saat ini kami disiapkan sebanyak 780 komputer. Lalu dan Kampus Gowa sebanyak 205 komputer,” ucapnya.

Kata Dr. Eng. Wardi, khusus untuk pengamanan jalannya ujian, panitia akan menerapkan pengawasan berlapis. ” Kita sudah mengidentifikasi titik-titik mana saja yang potensial terjadinya kecurangan. Sehingga kita akan mengoptimalkan pemantauan pada titik-titik tersebut,” ucapnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof Muh Restu mengatakan, pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun ini tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya.

Meskipun demikian, panitia tetap perlu mengadakan pemeriksaan terkait kesiapan, baik teknis maupun non teknis. Panitia perlu memastikan seluruh elemen kepanitiaan telah melaksanakan tugas dan fungsinya.

“Terutama untuk memastikan proses UTBK-SBMPTN nanti dapat berjalan tanpa kendala, tidak ada kecurangan, dan seluruh pihak yang terlibat mengetahui peran dan tanggung jawabnya,” katanya. (wis/*)

News Feed