English English Indonesian Indonesian
oleh

Pascalebaran, Keturunan Arung Bulukumba Gelar Silaturahmi

FAJAR, BULUKUMBA– Keluarga besar Karaeng Tunruang Daeng Makkelo, yang merupakan Arung Bulukumba Toa tahun 1900-1911 menggelar silaturahmi, Kamis, 5 Mei 2022. Kegiatan dilaksanakan meriah yang diselenggarakan di pelataran Kantor Camat, Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba.

Kepada FAJAR, Panitia kegiatan silaturahmi, Andi Sartika Diniaty mengatakan, silaturahmi keluarga besar Karaeng Tunruang Daeng Makkelo ini merupakan momentum untuk mempererat kembali kekeluargaan. Dimana keseharian beberapa keturunan Arung Bulukumba itu sibuk dengan urusan masing-masing.

Ika, sapaan Andi Sartika menyebutkan beberapa keturunan Arung Bulukumba toa salah satunya Wakil Bupati Sinjai HA Kartini Ottong, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Chuzaini Patoppoi. Ika menjelaskan, Karaeng Tunruang Daeng Makkelo dulunya adalah sosok pemimpin yang berjiwa tegas dan amanah dalam menjalankan pemerintahan di era kolonial Belanda.

Beliau menjabat selama 2 periode dengan SK yang diterbitkan oleh Belanda di Cipanas, Jawa Barat sebagai Arung Bulukumba Toa, yang saat ini bernama Kecamatan Bulukumpa.

Dalam struktural kepemimpinan  berdasarkan catatan Belanda oleh BF. Matthes, Bulukumba Toa Lompo Bulukumba Toa ,Gallarang Bulo Bulo ,Gallarang Jawi – Jawi ,Gallarang Bintaronga, Gallarang Balangtaroang, Gallarang Kambuno,Gallarang Butta Keke, Lompo Batu Karopa Anak kandung dari Panglima Perang Sinjai La Makkaroda Baso Kalaka Puang Lampe Uttu ini memiliki 9 anak dari 4 istri yang tersebar di Bulukumba dan sekitarnya yaitu.

” Inti dari kegiatan ini adalah sebagai pengingat kepada generasi pelanjut agar sejarah harus di jaga, agar anak cucu kita tahu dan paham bahwa pendahulu kita berjuang dengan darah, moral, harta dan masih banyak lagi,” jelas Ika.(akb/*)

News Feed