English English Indonesian Indonesian
oleh

Ganjar Pranowo ke Sulsel, Datangi Aksi Cantelan dan Desa Inklusif Kagama

Desa Inklusif+ merupakan program KKN atau Kagama Kerja Nyata untuk Indonesia. Desa Inklusif+ ini semua terlibat, berdaya, dan sejahtera. Program yang merupakan kolaborasi Kagama dengan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi pada desa dampingan. Itu sudah ada di delapan provinsi.

Ketua Satgas Nasional Desa Inklusif DPP Kagama, Didiek Anggrat menyebutkan, tiga agenda penting Ganjar Pranowo ke Sulsel. Pertama melakukan pelantikan pengurus daerah Kagama di Sulsel. Kedua, memperluas aksi sosial Cantelan. Ketiga, peluncuran Desa Inklusif+ di Gowa. “Ini tiga agenda pentingnya,” jelasnya, Jumat, 6 Mei.

Khusus Desa Inklusif, alumni Fakultas Biologi, UGM angkatan 1980 ini mengatakan, kehadiran program ini untuk memastikan akses dan partisipasi warga desa yang setara dalam penyelanggaran pembangunan desa. Juga mendorong pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam penyediaan layanan bagi masyarakat. Termasuk mengembangkan potensi dan sumber daya yang dimiliki desa untuk kesejahteraan masyarakat desa.

“Desa Inklusif bukan sesuatu yang baru, tetapi Kagama sudah melakukan ini di beberapa daerah. Oleh karena itu, satu kebanggaan kabupaten Gowa yang akan dijadikan sebagai pilot project,” ungkapnya.

Dia juga menegaskan, kedatangan Ganjar ke Sulsel tak terkait kunjungan politik, tetapi murni sebagai Ketua Kagama. “Kagama ini kan kumpulan, komunitas yang ingin berbuat. beKalau sudah politik, nanti dulu,” tuturnya. (*/ham)

News Feed