English English Indonesian Indonesian
oleh

Khasiat Daun Salam Tak Hanya Penyedap Rasa dan Aroma pada Makanan, Juga Efek Mengejutkan saat Dibakar di Dalam Rumah

FAJAR, MAKASSAR — Daun salam telah lama dikenal sebagai salah satu bahan tambahan untuk penyedap rasa pada makanan. Namun, tahukah Anda? ketika membakar daun salam di dalam rumah dapat memberikan efek yang mengejutkan.

Aroma daun salam memang khas. Daun mudanya memiliki aroma mirip daun jambu. Selain harum dan rasanya yang enak, daun salam ternyata juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh.

Khasiat daun salam antara lain, sifat detoksifikasi atau peluruh racunnya yang kuat. Daun salam juga dapat melawan bakteri atau virus ketika terjadi infeksi.

Khasiat lain, rebusan daun salam juga dapat meningkatkan
kesehatan jantung. Itu karena kandungan daun salam di antaranya asam caffeic yang berkhasiat memperkuat dinding kapiler di jantung.

Daun salam juga memudahkan pernapasan. Khasiatnya dapat membuka saluran pernapasan.

Ketika orang yang mengalami gangguan pernapasan menghirupnya, daun salam dapat mengobati masalah sinus dan pernapasan. Lalu, menggosokkan daun salam ke area yang bermasalah juga dapat mengobati asma dan alergi.

Daun salam memiliki zat anti inflamasi yang kuat dan khasiat pereda nyeri. Disarankan untuk mengoleskan minyak atsiri daun salam pada persendian yang sakit untuk mengurangi nyeri dan sesak.

Melansir Healthy Food House, orang-orang zaman Yunani dan Mesir Kuno telah menganggap daun salam ini sangat berharga. Pada masa itu, daun salam kerap dibakar di dalam rumah dan tempat ibadah untuk alasan religius, bahkan fantasi.

Di Yunani kuno, Apollo sering mengenakan mahkota yang terbuat dari daun salam dan karangan bunga. Daun salam biasanya diberikan kepada para pemenang saat pertandingan Pythian, yang dianggap sakral pada saat itu.

News Feed