English English Indonesian Indonesian
oleh

Berbuka Puasa dengan Ikan Tuna Asap Khas Bulukumba

MAKASSAR, FAJAR-Satu lagi menu khas Sulawesi Selatan yang rekomendasi untuk menu berbuka puasa. Ikan tuna Asap khas Bulukumba.

Kuliner khas ini asal dari Bulukumba. Menu ini bisa ditemui di Makassar. Cita rasanya, Ikan Tuna Asap ini diberi racikan bumbu yang otentik. Cita rasanya yang khas.

Apalagi yang gemar pedas, bisa memakai sambal, sementara yang tidak gemar pedas boleh menikmati dengan sajian yang polos.

Keunggulan Ikan Tuna Asap ini dapat digunakan berbuka puasa atau sahur. Daging tuna yang dipilih cukup besar dan ikannya dipilih yang segar.

Kemudian, cara pengasapannya cukup hiegenis, dan memakai alat tradisional, sehingga rasa nusantara atau khasnya sangat terasa.

Owner Sei Timor Angga Saputra menuturkan, tuna asap ini merupakan menu terbaru Sei Timor. Baru dihadirkan di bulan Ramadan tahun ini. Cukup murah dengan harga sekitaran Rp35 ribu untuk seporsi.

“Dapat satu potong ikan tuna asap. Ukuran lumayan besar yang bisa dinikmati hingga dua orang,” ucapnya. Dua lokasi ditemui yakni, Jalan Beruang dan Sultan Alauddin Makassar.

Tuna asap ini akan lebih khas rasanya ketika dicampur dengan sambel. Ada yang dinamakan sambal embe, ini merupakan sambal yang terbuat dari rempah-rempah khas Indonesia. Seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, terasi bakar dan jeruk limau.

“Sambel Embe ini juga identik memiliki rasa yang cukup pedas karena menggunakan cabai rawit merah dalam jumlah yang cukup banyak. Lalu ditambah dengan bawang goreng,” ucapnya.

Bukan hanya menu Ikan tuna asap, ada juga menu Sei daging sapi dan Sei ayam, di bulan ramadan untuk menemani berbuka puasa dan sahur. Bisa pula dipesan online di aplikasi ojek online.

News Feed