English English Indonesian Indonesian
oleh

Poltekpar Ditunjuk Kembangkan Desa Wisata

MAKASSAR,FAJAR–Politeknik Pariwisata Makassar ditunjuk menjadi tuan rumah oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Kemenparekraf) RI. Penunjukan tersebut untuk mengembangkan desa wisata yang ada di Indonesia, khususmya Sulsel. Sesuai SK yang dikeluarkan melalui Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) 2022. Per Kamis, 17 Maret lalu.

Direktur Politkenik Pariwisata Makassar, Muhammad Arifin mengatakan sebelum melakukan langkah pengembangan desa wisata, diadakan rapat koordinasi terlebih dahulu. Rakor kata Arifin, membahas terkait pengembangan, pelatihan, dan pengelolaan desa wisata.

Selain itu juga sebagai model pendampingan desa wisata, pengembangan Sumber Daya Manusia, dan kewirausahaan. “Jadi Poltekpar yang diminta untuk menjadi koordinator menyusun semua pengelolaan dan pengembangan. Ini melibatkan enam PTNP se-Indonesia di bawah naungan Kemenparekraf,” ucapnya.

Kata Muhammad Arifin, penunjukan PTNP sebagai bagian dalam membahas pengembangan. Ini sebab Institusi Pendidikan dianggap yang memiliki peran sangat strategis. Sekertaris Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adyani, mengatakan saat ini tumpuan pariwisata berpusat pada wisatawan domestik, salah satu solusinya adalah dengan pembangunan Desa Wisata. (wis/dni)

News Feed