English English Indonesian Indonesian
oleh

Finlandia Negara Paling Bahagia di Dunia, Bagaimana Indonesia?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Negara Afghanistan dinobatkan menjadi negara paling tidak bahagia di dunia tahun 2022. Penilaian ini berdasarkan laporan World Report Happiness 2022.

Negara yang selalu dirundung konflik itu berada di peringkat paling bawah dari 146 negara yang dipantau. Negara berpenduduk 40,7 juta jiwa ini memiliki skor penilaian paling rendah, yakni berada di angka 2,4. dari semua kategori.

Bandingkan dengan negara yang dinobatkan paling bahagia, yakni Finlandia dengan skor 7,8 poin.

World Happiness Report memasukkan Afghanistan sebagai negara paling tidak bahagia dengan beberapa faktor penilaian. Salah satunya adalah maraknya kekerasan hingga tingkat kemiskinan yang tinggi.

Rendahnya tingkat keamanan membuat banyak warga negaranya mencari suaka ke negara lain. Mereka tersebar dan menjadi imigran gelap di negara-negara Asia seperti Indonesia, hingga ke benua Eropa.

Selain tingkat kekerasan dan seringnya dirundung perang, kesempatan kerja juga sangat rendah. Ini yang menjadikan banyak warga negaranya kabur dan mencari perlindungan di negara lain.

Laporan World Happiness Report 2022 juga mengingatkan bahwa skor Aghanistan yang rendah berpotensi lebih anjlok lagi. Bahkan, berisiko lebih turun akibat krisis kemanusiaan yang masih berlangsung.

laporan World Report Happiness 2022 ini untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dibuat oleh
Sustainable Development Solutions Network untuk PBB.

Laporan ini memeringkat seluruh negara di dunia berdasarkan beberapa variabel penting yang dinilai menjadi faktor kebahagiaan. Penilaiannya di antaranya pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, dan kemurahan hati.

News Feed