English English Indonesian Indonesian
oleh

Daerah Langganan Banjir Patut Mencoba Inovasi Keren Ini

Topmix Permeable memiliki beberapa kelebihan, seperti manajemen lingkungan, efisiensi biaya konstruksi, dan mudah penempatannya. Pengaplikasiannya antara lain di area parkir, jalur sepeda, jalan trotoar, beberapa sarana olahraga, dan sebagainya.

Kemampuan penyerapan airnya hingga 600 liter meter persegi dalam satu menit. Beton ini biasanya digunakan untuk membangun jalan dan jembatan karena kekuatannya dan daya serap airnya yang tinggi.

  1. Dinding Penahan Banjir Austria

Seorang Insinyur di Austria membuat dinding yang mampu menahan jutaan galon air untuk memecahkan masalah banjir. Dinding baja yang digunakan relatif tipis dapat menahan air dengan ketinggian 15 kaki.

Dinding baja penahan banjir melindungi kota Austria Machland ketika sebagian besar negara di benua Eropa terendam. Banjir yang kerap terjadi di Kota Grein, Austria, disebabkan oleh luapan Sungai Danube.

Tinggi dinding baja penahan banjir sekitar 3,6 meter. Tiangnya dibangun di atas fondasi yang kuat, tetapi mudah dibongkar pasang.

  1. Experimental Electromechanical Module

Pemerintah Italia menciptakan Modulo Sperimentale Elettromeccanico (MOSE) atau Experimental Electromechanical Module. Pembangunan Modul Elektromekanis Eksperimental ini
untuk mengatasi banjir akibat air pasang dari laut adriatik.

Pemerintah Italia berusaha melindungi Kota Venesia yang bersejarah dari terjangan banjir menggunakan inovasi ini. Kota Venesia berada di bawah ancaman serius karena naiknya permukaan laut dan tenggelamnya daratan. Proyek MOSE akan melindungi Laguna Venesia dari tenggelam oleh Laut Adriatik.

Cara kerja MOSE dengan menanam gerbang di dasar laut. Gerbang ini dapat bergerak miring atau vertikal dan muncul ke permukaan laut ketika ketinggian pasang sudh melewati batas wajar. Dinding Mose akan menjadi benteng saat permukaan air sudah tinggi.

News Feed