English English Indonesian Indonesian
oleh

Daerah Langganan Banjir Patut Mencoba Inovasi Keren Ini

  1. Water-Gate

Fungsinya sekilas mirip karung pasir yang berfungsi sebagai tanggul darurat. Penggunaannya tinggal membuka gulungan di area yang bakal tergenang. Ketika banjir datang, tekanan air akan membuka watergate.

Water-Gate terbuat dari bahan PVC, sehingga mudah digulung dan disambung. Situs megasecureurope.com menyebut Water-Gate adalah bendungan darurat banjir fleksibel. Cara kerjanya memanfaatkan kekuatan air banjir untuk secara otomatis mengisi, membuka, dan menstabilkan dirinya sendiri.

Air mengalir ke bendungan dan membanting kanvas bawah ke tanah. Dorongan Archimedes kemudian mengangkat kanvas retensi atas. Gaya gesekan mengandung daya dorong hidrostatik.

Water-Gate juga merupakan cofferdam generasi terbaru. Penggunaannya di segala jenis medan. Paling penting nih, harganya diklaim tidak mahal dan melindungi lingkungan.

  1. Herrmann Reitthaler

Alat penahan banjir ini berupa sekam lipat yang dapat bergerak secara otomatis. Buatan Jerman ini cocok digunakan di perkantoran, gedung bertingkat, mall serta perumahan yang sering menjadi langganan banjir.

Herrmann Reitthaler ini juga sangat mudah dioperasikan. Ketika ada air yang masuk ke dalam alat, segera mendapat sinyal kemudian akan naik secara otomatis menutup secara vertikal.

  1. Topmix Permeable

Perusahaan Lafarge Tarmac memiliki penemuan di bidang konstruki yakni, Topmix Permeable yang efektif mengatasi genangan di jalan.
Topmix Permeable ini adalah beton berongga yang dapat menyerap air.

Beton topmix permeable dirancang bisa memiliki daya serap tinggi. Penggunaannya untuk melapisi permukaan atas pada jalan. Lapisan beton paling atas memungkinkan air mengalir ke kerikil besar ke lapisan di bawahnya. Saluran drainase pada bagian paling bawah berfungsi mengalirkan air yang diserap.

News Feed