English English Indonesian Indonesian
oleh

Uang Rp17 Juta Milik Nelayan Raib di Pelabuhan Paotere, Polisi Sudah Identifikasi Pelaku

FAJAR, MAKASSAR — Aksi pencurian terjadi di Pelabuhan Paotere. Uang Rp17 juta lebih, hilang. Polisi sudah mengidentifikasi pelakunya.

Uang belasan juta itu milik Sumiharja, pemilik kapal nelayan berukuran 9 GT asal Pulau Kalukalukuang, Kecamatan Kalmas, Kabupaten Pangkep.

“Kejadiannya Senin, 14 Maret, sekitar pukul 11.30 Wita,” katanya saat ditemui FAJAR, Rabu, 16 Maret 2022. Sumiharja bilang, saat itu kapalnya sandar di tanggul. Di sebelah kanan kapalnya ada kapal bernama Manis Mimpi. Berdempetan. Sementara di bagian kiri, ada kapal yang jaraknya sekitar 10 meter.

Tak lama setelah kapalnya sandar. Juragan bahan bakar, Dg Rurung datang untuk meminta uang kekurangan pembayaran solar ke Sumiharja. Jumlahnya Rp 900 ribu. “Jadi saya ambil uang di dalam tas. Lalu kasi Rurung uang yang ada di atas atap kapal,” ungkapnya.

Setelah itu, Sumiharja menyimpan tasnya di atas meja kemudi. Karena ada orang membawa barang. Sumiharja keluar. Begitu juga dengan dua orang ABK-nya. Satu di atas atap kapal. Satu lagi di depan. Dg Rurung juga perlahan pergi bersamaan dengan Sumiharja.

Setelah semua barang di naik di kapal. Pembawa es balok datang. Tak sempat menurunkan es. Pengantar Solar, Jamal datang. Dia meminta buku kapal milik Sumiharja untuk disetor ke SPBU. “Jadi saya masuk ke dalam kapal. Jamal duduk di pintu sebelah kiri kapal. Pantatnya masuk sebagian. Saya belakangi,” ungkapnya sambil melakukan reka ulang.

Saat reka ulang, Adik Sumiharja, Saparuddin menarik tas miliknya yang berada di atas meja kemudi. Sementara Sumiharja mengumpulkan berkas.Aco yang sudah mengambil tas di atas meja kemudi tidak disadari, jika tas sudah ditangan adiknya.

News Feed