English English Indonesian Indonesian
oleh

Bupati Fahsar Serahkan Benda Pusaka Bone ke Mayjen TNI Andi Muhammad

MAKASSAR, FAJAR — Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad menerima beberapa benda pusaka Kerajaan Bone di Rumah Adat, Jalan Kumala, Rabu, 16 Maret.

Penyerahan itu dilakukan langsung oleh rombongan Bupati Bone, A Fahsar M. Padjalangi. Prosesnya pun digelar secara adat-istiadat Bugis.

Beberapa benda pusaka duplikat berupa badik, tombak, dan sebagainya itu akan disimpan oleh Andi Muhammad di Rumah Adat selaku keturunan Raja Bone ke-32 yaitu Andi Mappanyukki Sultan Ibrahim.

Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad mengatakan, maksud penyerahan benda pusaka ini sebagai upaya pelestarian dalam nilai kebudayaan.

“Peninggalan seperti ini sangat bersejarah. Nantinya akan kita manfaatkan dalam museum. Bagaimana ini menandakan salah satu ciri khas di tanah Sulsel sendiri. Ini sangat-sangat bersejarah. Harus kita lestarikan,” ungkap, Rabu, 16 Maret.

Diketahui, Mayjen TNI Andi Muhammad merupakan bagian dari keluarga kerajaan.Andi Muhammad sendiri beberapa bulan lalu menggantikan Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno sebagai Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIV Hasanuddin. (muh/*)

News Feed