English English Indonesian Indonesian
oleh

Banjir Landa Latimojong dan Bajo Barat, Warga Diimbau Mengungsi

FAJAR, BELOPA –Banjir melanda di sejumlah desa di Kecamatan Bajo Barat dan Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Senin petang, 14 Maret 2022.

Sekretaris BPBD Luwu, Amiruddin Alwi membenarkan adanya banjir di Latimojong dan Bajo Barat. “Daerah Latimojong dilanda hujan lebat. Kondisi ini membuat debit air di hulu sungai Bajo naik,” kata Amiruddin kepada FAJAR, Senin malam, 14 Maret 2022.

Air hujan yang masuk ke sungai tidak tertampung lagi. Kondisi ini membuat air meluap ke permukiman penduduk di Desa Rante Balla, Kecamatan Latinojong dan permukiman warga Desa Bonelemo, Kecamatan Bajo Barat. Air yang datang tiba-tiba ini mulai pukul 18.00 Wita jelang magrib.

“Ini sesuai informasi dari Camat Latimojong,”kata Amiruddin. Sementara warga di sekitar bantaran sungai yang ada di Bajo Barat telah diminta untuk mengungsi. Mereka diarahkan mengungsi ke daerah ketinggian.

Hanya saja, BPBD Luwu belum mendapat data jumlah pengungsi. Termasuk rumah yang rusak dan berapa yang terendam banjir. Bahkan, belum ada data terkait kerusakan PLTA ini.

“Kami dapat informasi debit air yang berada di Kecamatan Bajo sudah mulai meningkat. mengimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang bermukim di bantaran sungai untuk waspada dan tetap siaga akan terjadinya banjir kiriman dari Latimojong dan Bajo Barat,”paparnya. (shd/rdi)

News Feed