English English Indonesian Indonesian
oleh

Tangan Manusia Diperdagangkan, Polisi pun Turun Tangan

JAKARTA–Perilaku manusia untuk mendapatkan keuntungan, semakin beragam. Kali ini, yang diperdagangkan adalah organ tubuh manusia, seperti tangan dan organ tubuh lainnya.

Salah seorang desainer Indonesia diduga terseret dalam perdagangan organ tubuh manusia terkait sebuah paket yang ditemukan di salah satu kampus di Brasil. Pihak kepolisian pun turun tangan terkait penemuan ini.
Paket yang ditemukan di salah satu kampus di Brasil diketahui berisi organ manusia. Organ manusia itu rencananya bakal dikirim untuk desainer asal Indonesia.

Sebagaimana dilansir DetikNews, Kamis, 24 Februari 2022, kepolisian tengah mengusut fakta terkait dugaan praktik perdagangan organ tubuh manusia. Paket tersebut berisi tangan manusia dan tiga organ lainnya. Penerimanya yakni desainer ternama asal Indonesia yang menjual aksesoris dan pakaian dari bahan asal manusia.

Polisi juga telah menggeledah dua tempat. Pertama yakni, kediaman seseorang yang disebut “pegawai negeri”, dan Laboratorium Anatomi Universitas Negeri.

Tersangka mengirim organ manusia yang sudah diplastinasi ke Singapura. Plastinasi merupakan prosedur modern untuk mengawetkan sesuatu.
Proses itu dilakukan dengan mengekstraksi cairan tubuh (air dan larutan pengikat) dan lipid melalui metode kimia lalu menggantinya dengan resin plastik seperti silikon, poliester dan epoksi hingga menghasilkan kain yang kering, tidak berbau dan tahan lama. (fnn)

News Feed