English English Indonesian Indonesian
oleh

Survei Figur Capres: Prabowo Kuat di Sulawesi, Ganjar di Jawa, Anies di Kalimantan

JAKARTA, FAJAR–Figur-figur calon presiden RI, terus mewacana. Litbang Kompas, bahkan memublikasikan hasil survei terbaru tentang capres pilihan berdasarkan gugus wilayah.

Wilayah Sulawesi termasuk pemilih yang cukup diperhitungkan. Prabowo masih kuat di wilayah ini.

Hasil survei terbaru Litbang Kompas, sebagaimana dirilis DetikNews, Rabu, 23 Februari 2022, Prabowo Subianto menguasai Sulawesi, Ganjar Pranowo merajai Jawa, dan Anies Baswedan kuat di Kalimantan.
Survei Litbang Kompas ini digelar pada 17-30 Januari 2022 dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Responden survei ini ditanya melalui metode wawancara tatap muka. Tingkat kepercayaan survei ini sebesar 95% dengan margin of error plus-minus 2,8%.

Dari enam gugus wilayah, yakni Sumatera, Jawa, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku-Papua, Prabowo hanya kalah di Jawa (23,3%). Persentase pemilih di Jawa yang memilih Prabowo, masih kalah dari pemilih di Jawa yang memilih Ganjar.

Namun, berdasarkan survei tersebut, Prabowo menguasai lima gugus wilayah yang lainnya. Dari lima wilayah itu, persentase pemilih Prabowo paling besar ada di Sulawesi (32,9%). Lalu di Maluku Papua (32,3%) dan Kalimantan (31,3%).

Adapun Ganjar jadi raja bagi pemilih di Jawa (28,7%). Namun, Ganjar tak boleh puas karena ada Ketua Umum Gerindra yang membuntuti (23,3%).
Pemilih Ganjar di Bali dan Nusa Tenggara juga kuat (16,9%). Namun, hanya beda tipis dengan pemilih Anies di Bali dan Nusa Tenggara (13,8%). Prabowo 26,5%, Ganjar 20,5%, Anies 14,2%
Sementara pemilih Anies Baswedan kuat di Kalimantan (24,1%), tapi tak mendominasi. Prabowo yang tetap jadi capres idaman di Kalimantan (31,3%).

News Feed