English English Indonesian Indonesian
oleh

Empat Infrastruktur Baru PLN di Sulsel Geliatkan Pariwisata dan Investasi

FAJAR, MAKASSAR — PT PLN (Persero) memperkuat keandalan pasokan listrik lewat pengoperasian empat infrastruktur kelistrikan di Sulsel. Hal ini dapat mendukung investasi, khususnya di sektor pariwisata.

Ada pun keempat infrastruktur kelistrikan yaitu Gardu Induk (GI) 150 kiloVolt (kV) Tanete, GI 150 kV Lanna, GI 150 kV Sungguminasa (Extension), dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Sungguminasa – Lanna.

“Beroperasinya infrastruktur ini akan memperkuat sistem kelistrikan, sehingga dapat mengembangkan potensi perekonomian melalui sektor pariwisata,” ujar General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi Defiar Anis, Rabu, 2 Februari 2022.

GI 150kV Tanete memiliki kapasitas transformator sebesar 30 Mega Volt Ampere (MVA) yang bisa digunakan untuk melistriki lebih dari 18.000 pelanggan baru.

“Dalam pembangunan GI 150kV Tanete menggunakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang mencapai persentase sebesar 66 persen, melebihi standar yang ditetapkan oleh pemerintah melalui peraturan Kementerian Perindustrian,” jelasnya.

Pasokan listrik dari GI 150 kV Tanete akan menambah pasokan listrik yang disalurkan ke Kawasan Wisata Tanjung Bira sehingga menjadi lebih andal. Sebelumnya kawasan tersebut hanya dipasok dari GI Bulukumba.

Diketahui, Kawasan Wisata Tanjung Bira memiliki banyak potensi pengembangan karena memiliki beberapa pantai yang indah, pengrajin pembuatan perahu Phinisi, dan kerajinan tenun.

“Potensi pengembangan tersebut berhasil menarik sejumlah investor, hal ini terlihat dari pertumbuhan beban kelistrikan dan penambahan jumlah pelanggan di Kawasan Wisata Tanjung Bira,” tuturnya.

News Feed