English English Indonesian Indonesian
oleh

Gelombang Tinggi, Kapal Dilarang Berlayar

FAJAR, MAKASSAR- Aktivitas nelayan maupun pelayaran harus tertunda sementara. Pasalnya, angin kencang yang disertai gelombang tinggi sedang melanda perairan Spermonde Kabupaten Pangkep.

Syahbandar pun mengumumkan larangan kapal berlayar untuk sementara waktu.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Maccini Baji, Capt Ramlah, menjelaskan kapal berbagai jenis ditunda keberangkatannya untuk berlayar.

Sebab, berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), saat ini ketinggian gelombang berkisar 1,25 meter hingga 2,5 meter.

Kecepatan angin pun mencapai 300 knot. “Kami antisipasi dengan mengeluarkan maklumat penundaan kapal untuk berlayar. Jika sudah memungkinkan kami akan menerbitkan atau memperbolehkan kapal berlayar kembali,” paparnya.

Akibatnya, khusus kapal kargo dengan tujuan lintas provinsi sudah tertahan sepekan lebih di Pelabuhan Maccini Baji. Akibat curah hujan yang tinggi di perairan spermonde Pangkep.

“Semua kapal dilarang, demi keselamatan pelayaran. Di sini ada kapal kargo juga yang memuat semen. Ini lintas provinsi. Selain itu juga ada jolloro yang biasa memuat penumpang,”katanya.

Ia juga terus mengingatkan petugas jaganya di pelabuhan untuk terus memastikan keselamatan pelayaran dengan intens melakukan pengecekan.

“Peralatan keselamatan dan peralatan navigasi. Enam jam sebelum berangkat harus memperhatikan edaran BMKG. Ini selalu kami ingatkan juga,” tambahnya.(fit/lin)

News Feed