English English Indonesian Indonesian
oleh

PLN Energize GI dan SUTT 150kV Tingkatkan Keandalan Listrik di Malino

MAKASSAR, FAJAR– PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi mengawali tahun 2022 dengan pemberian tegangan pertama (energize) pada tiga Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) yakni Gardu Induk (GI) 150kV Lanna (New), GI 150kV Sungguminasa (Extension) dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV Sungguminasa–Lanna melalui Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Selatan (UPP Sulsel).

Tiga PIK tersebut berhasil menerima tegangan pertama pada pukul 17.15 WITA. GI 150kV Lanna berlokasi di Kec. Parangloe Kab Gowa memiliki kapasitas trafo 30 Mega Volt Ampere (MVA), GI 150 kV Sungguminasa berlokasi di Jl. Bakolu Kec. Palangga Kab. Gowa memiliki 2 Line Bay, dan SUTT 150kV Sunguminas–Lanna terbentang sepanjang 45,26 KMS dengan total Tower sebanyak 70 TIP.

Ketiga pekerjaan ini termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 81%, melebihi target yang ditetapkan pemerintah. Defiar Anis, General Manager PLN UIP Sulawesi menyampaikan pembangunan ini bentuk dukungan PLN terhadap sektor pariwisata di Kawasan Malino dengan meningkatkan keandalan listrik di kawasan tersebut. “Kawasan wisata Malino merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh warga Sulawesi Selatan khususnya warga Kota Makassar,” kata Anis.

Selain kawasan wisata terdapat juga industri pemecah batu di sekitar jalan poros Malino yang memanfaatkan listrik untuk kelancaran usahanya. Diharapkan nantinya industri pariwisata dan industri pemecah batu di wilayah Malino dapat terus berkembang sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Gardu Induk Lanna nantinya akan menyuplai listrik kepada sebagian pelanggan yang sebelumnya disuplai oleh GI Borongloe.

News Feed