English English Indonesian Indonesian
oleh

Ahmad Ali Riset Sistem Pendidikan LDII Melalui Wawancara dengan Tokoh Agama dan Akademisi di Makassar

FAJAR, MAKASSAR-Cendekiawan Muslim Dr. Ahmad Ali MD MA, dosen Universitas Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ), tengah menulis buku tentang Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Kota Makassar. Dr. Ahmad Ali, yang juga merupakan anggota Nahdlatul Ulama (NU), telah menyelesaikan riset dan observasi untuk bukunya yang berjudul “Model, Corak, dan Sistem Pendidikan di LDII dalam Platform Profesional Religius”.

Riset ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Dr. Ahmad Ali untuk memahami lebih dalam sistem pendidikan LDII. Bukunya yang pertama, berjudul “Nilai-Nilai Kebajikan dalam Jamaah LDII, dari Amal Saleh hingga Kemandirian, Menggali dan Mengkreasikan Hikmah dalam Kehidupan”, diterbitkan pada Juni 2023.

Dalam proses risetnya, Dr. Ahmad Ali melakukan sejumlah wawancara dengan tokoh agama dan akademisi di Makassar. Salah satu tokoh yang ditemui adalah Prof. Dr. KH Muammar Bakry Lc MA, Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulawesi Selatan. Diskusi juga melibatkan anggota Departemen Pendidikan Agama dan Dakwah DPP LDII serta pengurus DPW LDII Sulawesi Selatan.

Selain itu, Dr. Ahmad Ali juga bertemu dengan Prof. Dr. Abd Rahim Yunus MA, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Selatan, serta Prof. Dr. M Ghalib MA, Wakil Ketua Umum MUI Provinsi Sulawesi Selatan. Momen-momen silaturrahim ini menjadi kesempatan bagi Dr. Ahmad Ali untuk menyampaikan bukunya kepada para tokoh terkait.

Di hari kedua dan ketiga di Kota Makassar, Dr. Ahmad Ali juga mengadakan pertemuan dengan pengurus DPW LDII Sulawesi Selatan dan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof. Drs Hamdan Juhannis MA PhD.

News Feed