FAJAR, MAKASSAR — PT Pertamina Patra Niaga memperkuat strategi pemasaran dan loyalitas pelanggan melalui penyelenggaraan Bright Gas Cooking Competition (BGCC). Kegiatan tersebut digelar di empat kota besar Indonesia, Makassar salah satunya.
Kompetisi memasak menjadi strategi jangka panjang Pertamina untuk mendorong transisi masyarakat dari LPG subsidi (3 kg) ke produk LPG non-subsidi. Produk tersebut lebih aman dan berkualitas, yakni Bright Gas.
Region Manager Retail Sales Sulawesi PT Pertamina Patra Niaga, I Gusti Bagus Suteja mengatakan, ajang tersebut bukan sekadar kompetisi. Akan tetapi juga menjadi instrumen komunikasi dan edukasi terhadap konsumen terkait manfaat Bright Gas.
“Bright Gas Cooking Competition ini diselenggarakan untuk memperkuat loyalitas pelanggan, mengenalkan manfaat produk Bright Gas, sekaligus menggali potensi kuliner nusantara, khususnya dari Sulawesi,” kata Suteja di sela-sela acara di Mal Panakukkang Makassar, Minggu, 3 Agustus 2025.
Ia menyebutkan, Makassar mencatat jumlah pendaftar tertinggi secara nasional, yaitu 396 peserta. Setelah melalui proses seleksi, 40 peserta dipilih, dan selanjuta dipilih lagi 30 finalis berlaga di babak semifinal.
Tiga pemenang dari Makassar akan mewakili regional Sulawesi dalam grand final yang akan digelar di Jakarta pada Oktober mendatang. Ajang ini telah diselenggarakan sejak tahun 2022, dan untuk wilayah Sulawesi, tahun lalu dilaksanakan di Manado.
“Tahun ini tema kita ‘Rasa Nusantara untuk Negeri’, yang tujuannya adalah mengangkat kekayaan resep tradisional Indonesia agar dikenal lebih luas,” ujarnya.