Lalu UMKM yang terpilih akan dikurasi berdasarkan kesiapanlegal, kualitas produk, kapasitas produksi, dan konsistensi mengikuti program pembinaan. Pastinya yang sudah lolos melewati kurasi yang cukup ketat dariakademisi/asosiasi dan pelaku ritel.
“Kita ingin UMKM lokal tampil bukan hanya di etalasedaerah, tapi juga di panggung internasional. Aprindosiap menjadi jembatan masuk ke ritel modern,” pungkasnya.
Rangkaian Kelas UMKM Online
Dalam sesi perdana Kelas UMKM Online di HRN 2025, kelas ini dikemas secara interaktif, dengan kuisberhadiah voucher digital senilai ratusan ribu rupiah untuk peserta yang aktif menjawab pertanyaan.
Total 10 pemenang diumumkan di akhir sesi dan diberikanpenghargaan secara langsung di Zoom.
Kelas Online UMKM ini akan berlangsung sebanyak 7(tujuh) sesi hingga bulan Oktober 2025. Setiap sesiakan membahas tema berbeda seperti Fundamental Bisnis untuk Mindset dan Mental, Adopsi Teknologi dan Operasional.
Lalu Branding dan Marketing, Hybrid Selling in AI Era, Cara Memenangkan Pasar, Legalitas Usaha dan juga Ekspansi Pasar dan Siap Go Global/Bagi para pelaku UMKM se-Indonesia.
Apindo mengajak agar semua dapat bergabung di rangkaiankelas online untuk UMKM ini dan mendapatkan peluangmengikuti kurasi dengan cara mendaftarkan diri di https://hariritelnasional.com/pendaftaran-kelas-online/.
Hari Ritel Nasional (HRN) adalah inisiatif tahunan yang diinisiasi oleh Aprindo sebagai bentuk apresiasi dan penguatan terhadap industri ritel nasional, khususnyadalam membangun sinergi dengan sektor UMKM. HRN 2025 mengusung tema besar: “UMKM Tangguh, RitelTumbuh, Indonesia Maju.”
Program ini berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk kementerian, komunitas UMKM, platform digital, dan jaringan ritel anggota Aprindo untukmendukung transformasi UMKM dari hulu ke hilir.(wis)