English English Indonesian Indonesian
oleh

Karakteristik Sekolah Vokasi BPSDM Kemenhub: Cikal Bakal Trend Pendidikan Vokasi Berorientasi Internasional

Pendidikan vokasi BPSDMP sejalan dengan Asta Cita Presiden Terpilih 2024–2029, khususnya:

1. Membangun SDM yang sehat, cerdas, produktif, dan berakhlak mulia.

2. Melanjutkan pembangunan infrastruktur yang merata dan berkelanjutan.

3. Mewujudkan ekonomi berbasis pengetahuan dan keunggulan sumber daya nasional.

Selain itu, sekolah vokasi mendukung Sustainable Development Goals (SDGs):

• SDG 4 (Pendidikan Berkualitas): Menyediakan pendidikanteknis yang inklusif dan relevan.

• SDG 8 (Pekerjaan Layak): Menghasilkan devisa dan peluang kerja global.

• SDG 9 (Inovasi dan Infrastruktur): Mendorong inovasimelalui fasilitas pelatihan modern.

Berdasarkan teori Human Capital Theodore Schultz (1961), investasi dalam pendidikan vokasi adalah kunci peningkatanproduktivitas. Sekolah vokasi BPSDMP menjadi bukti nyatabahwa pendidikan teknis dapat menciptakan tenaga kerja yang mendukung sistem transportasi nasional yang aman, efisien, dan berkelanjutan.

Visi Masa Depan: Pendidikan Vokasi sebagai Pionir

Melalui Program Revitalisasi Pendidikan Vokasi, BPSDMP terus meningkatkan kualitas fasilitas, mengembangkanpembelajaran digital, dan menjalin kemitraan dengan lembagaglobal seperti IMO dan ICAO. Dengan pendekatan berbasiskompetensi, disiplin semi-militer, dan kemitraan industri, sekolah vokasi BPSDMP telah menjadi model pendidikanvokasi masa depan. Vokasi bukan lagi pilihan kedua, melainkan jalur utama untuk mencetak SDM global yang berjiwa nasionalis dan kompetitif.

News Feed