FAJAR, MAKASSAR — Menghadapi tantangan era digital, Kalla Institute terus mendorong mahasiswanya untuk beradaptasi dan unggul dalam berbagai aspek, baik akademik maupun kewirausahaan.
Salah satu langkah konkret yang diambil adalah menggelar Workshop bertajuk “Cerdas Digital: Membangun Bisnis & Prestasi Akademik di Era Digital” yang berlangsung di Auditorium Lantai 6 Kalla Institute, Kamis (17/7/2025).
Workshop ini digagas oleh Biro Kerja sama dan Pengembangan Mahasiswa serta Alumni (KIPMA) Unit Kemahasiswaan dan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai program studi.
Tujuannya, memberikan pemahaman dan keterampilan praktis agar mahasiswa tidak hanya aktif di dunia maya, tetapi juga mampu memanfaatkannya sebagai ruang produktif untuk tumbuh.
Sebagai narasumber, A. Tri Hendra Gunawan—digital creator sekaligus pemilik TriLine Studio—menginspirasi mahasiswa agar mampu menyeimbangkan pencapaian akademik dan pengembangan bisnis.
Menurutnya, teknologi digital kini menjadi alat vital dalam membangun masa depan yang lebih baik dan inklusif.
“Personal branding adalah hal krusial sebab menjadi pengingat identitas kita bagi orang lain. Era digital bukan hanya tentang eksistensi di media sosial, tapi bagaimana kita memanfaatkannya untuk tumbuh secara akademik dan profesional,” jelas Tri.
Tri juga menekankan pentingnya literasi digital, pengelolaan platform bisnis, serta membangun kepercayaan melalui branding yang konsisten.
Ia mendorong mahasiswa agar aktif memanfaatkan berbagai kanal digital sebagai wadah untuk menjangkau pasar dan mengembangkan potensi diri.