English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa UC Makassar Dukung UMKM Kopinamo Melalui Edukasi Keuangan dan Peningkatan Pemasaran

FAJAR, MAKASSAR — Mahasiswa Universitas Ciputra (UC) Makassar melalui program Social Impact Challenge (SIC) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada edukasi keuangan dan peningkatan strategi pemasaran kepada UMKM Kopinamo. UMKM ini berdiri sejak tahun 2024 dan berlokasi di Kawasan Kini Kuliner, Makassar.

Dalam proses pengembangan usahanya, Kopinamo menghadapi sejumlah tantangan, seperti pencatatan keuangan yang masih manual, belum lengkapnya perhitungan harga pokok produksi (HPP), serta strategi pemasaran yang belum optimal.

“Media sosial ada, tapi masih belum digunakan secara maksimal. Kadang juga bingung dan belum rutin untuk upload konten,” ucap Marsiano, pemilik Kopinamo.

Menanggapi hal tersebut, mahasiswa UC Makassar memberikan pelatihan manajemen keuangan seperti penyusunan laporan sederhana, perhitungan HPP, serta edukasi digital branding, termasuk strategi membuat konten media sosial dan kalender promosi.

Graciely, salah satu mahasiswa pelaksana, menyampaikan bahwa mereka fokus pada perbaikan pencatatan keuangan berbasis Excel.

“Kami bantu Pak Marsiano membuat format sederhana untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran harian agar keuangan lebih transparan dan terpantau,” ujarnya.

Angeline menambahkan, mereka juga mengedukasi pentingnya menghitung HPP untuk menentukan harga jual yang tepat. Selama ini, mitra belum mempertimbangkan seluruh komponen biaya.

Dari sisi pemasaran, Winy menyampaikan bahwa branding perlu dibangun secara konsisten. “Kami bantu menyusun konsep visual brand Kopinamo agar lebih menarik dan membuat postingan yang sesuai dengan identitas usahanya,” papar dia.

News Feed