FAJAR, MAKKAH — BPKH Limited akhirnya menyerahkan kompensasi berupa uang ke jemaah haji yang terdampak pada pengiriman konsumsi yang berujung tidak mendapat makanan.
Penyerahan kompensasi mulai dilakukan kepada jemaah yang menginap di Hotel 614 Makkah, Kamis (12/6/2025).
Ada sekitar 20 ribu jemaah yang menerima kompensasi uang tunai dalam jumlah berbeda sesuai jumlah makanan yang mereka tidak terima.
Kompensasi yang diberikan senilai SAR 10 untuk sarapan, SAR 15 untuk makan siang dan SAR 15 untuk makan malam.
Jemaah di Hotel 614 ini sendiri mendapat kompensasi karena tidak mendapat makan malam pada 14 Zulhijah 1446 H yang bertepatan dengan 10 Juni 2025 atau usai puncak haji.
Direktur BPKH Limited, Imam Ni’matullah menyampaikan permohonan A maaf. Imam mengatakan BPKH Limited tak ingin mencari-cari alasan terkait masalah yang terjadi dan mengutamakan pemenuhan hak jemaah.
“Kami akan bertahap kepada hotel-hotel lain kami akan bagikan langsung kepada jemaah. Namun apabila jemaah tidak ada waktu dan bersiap untuk pulang kami insyaallah akan kirimkan melalui rekening masing-masing,” ujar Imam.
Imam menyebut BPKH Limited telah berupaya menyalurkan makanan siap saji ke jemaah pada 14 dan 15 Zulhijah. Pihaknya juga menambah dapur lain sehingga masalah keterlambatan makanan bisa diatasi.
“Insyaallah BPKH Limited bertanggung jawab atas ketidaknyamanan kemarin. Kami sudah melakukan langkah-langkah. Pertama kami sudah menambah dapur reguler kemarin sehingga di hari kedua lebih cepat dan tertib,” ujarnya.