English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa STIE Ciputra Edukasi Pentingnya Harga Pokok Penjualan bagi Pelaku UMKM Nasi Goreng Boster

FAJAR, MAKASSAR — Mahasiswa STIE Ciputra Makassar menggelar kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Social Impact Campaign (SIC) dengan mengangkat tema “Pentingnya Harga Pokok Penjualan (HPP) dalam Bisnis UMKM”, sebagai bentuk luaran dari mata kuliah Cost Accounting.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan literasi keuangan dan pemahaman dasar akuntansi biaya bagi pelaku usaha kecil.Kegiatan PKM-SIC ini merupakan hasil bimbingan dari Dosen Pengampu sekaligus Dosen Pembimbing, Dr. St. Salmah Sharon, SE., M.Si., Ak., CA., CSRS., CSRA, yang secara aktif mengarahkan mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat dan memberikan edukasi praktis sesuai dengan kompetensi akademik yang telah didapatkan di bangku kuliah.

Muhammad Fadel, Ketua Tim SIC, menyampaikan bahwa kegiatan ini menyasar UMKM yang masih belum memahami pentingnya menghitung HPP secara tepat

“Kami menemukan bahwa banyak pelaku UMKM masih menentukan harga jual secara instingtif, tanpa menghitung biaya-biaya produksi secara komprehensif. Melalui edukasi ini, kami berharap pelaku UMKM bisa lebih bijak dalam menetapkan harga dan menjaga keberlanjutan usahanya,” ungkap Fadel.

Yudisthira, salah satu anggota tim, menambahkan, dengan memahami HPP, UMKM tidak hanya bisa menetapkan harga yang bersaing, tetapi juga memastikan usahanya tidak merugi. “Ini hal mendasar yang sering terabaikan,” ungkapnya.

Mahasiswa lain, Khelvin menjelaskan bahwa metode edukasi dilakukan melalui simulasi perhitungan sederhana dan studi kasus langsung dari UKM Nasgor Boster.

News Feed