English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen Teknik UNM Ini Launching Buku Panduan Inovasi Servis di Industri Otomotif

FAJAR, MAKASSAR – Salah satu dosen di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM) ini layak menjadi inspirasi.

Namanya Ir Muhammad Farid SPd MT PhD IPM merupakan dosen FT UNM layak menjadi contoh bagi dosen lainnya.

Dengan aktivitas padat mengajar di kampus, setidaknya Muhammad Farid masih bisa mengeluarkan buku ke limanya, terkait Otomotif.

Judul bukunya: Service Innovation Industri Otomotif: Transformasi Inovasi Industri Berkelanjutan, dia launching di Kopi Break, Makassar, Kamis (12/6/26).

Ia menyampaikan isi buku ini terinspirasi dari penelitian dan bahan disertasinya di Taiwan, tahun 2019 lalu.

“Isinya relevan untuk meningkatkan inovasi servis bagi industri apa saja, salah satunya industri otomotif di tanah air,” kata Muhammad Farid, sore tadi.

Secara umum, buku ini berisi sejumlah model dasar dalam upaya peningkatan “inovasi servis” dalam industri.

Itu merupakan tingkatan dari tahapan “kualitas servis” yang seharusnya sudah tuntas diterapkan di dunia industri tanah air saat i ni.

Terutama oleh pemegang authorized dealer (perusahaan/bengkel resmi). Dia mencontohkan authorized dealer Toyota di Sulsel yakni PT Hadji Kalla.

Hal sama berlaku bagi brand apapun yang sudah melakukan servis dengan kualitas yang baik, maka sudah seharusnya ditingkatkan dengan sebuah inovasi.

Inovasi itu misalnya melengkapi dengan aplikasi pengingat bagi pelanggan untuk mengecek bahagian-bahagian kendaraannya.

“Secara otomatis memberi notifikasi bagi penggunanya. Tidak lagi dilakukan secara manual, via phone atau WhatsApp,” katanya.

News Feed