English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen UNM Latih Guru PAUD agar Paham Deep Learning

GOWA, FAJAR — Pergantian kabinet rupanya juga berdampak terhadap kebijakan dalam system pendidikan Nasional. Salah satunya adalah ide tentang pendekatan Deep Learning sebagai salah satu langkah penting yang tengah dipersiapkan oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di berbagai jenjang satuan pendidikan dasar dan menengah khususnya satuan PAUD.

Untuk itu, sebagai jawaban atas gagasan kementerian ini, sejumlah Dosen dari Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (PG-PAUD FIP UNM) yang diketuai oleh Dr. Muhammad Akil Musi, S.Pd., M.Pd melaksanakan pelatihan dan pembimbingan yang dikemas dalam kegiatan karya pengabdian masyarakat di beberapa TK di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

Sejumlah Adapun lokasi pelaksanaan pelatihan pembelajaran mendalam ini diantaranya TK Dharma Wanita Persatuan (DWP) di Perumnas Makassar serta TK Kartika XX-34 dan TK Pertiwi Sombaopu yang terletak di Sungguminasa Kabupaten Gowa.

Menurut Akil yang juga menjabat Kepala Laboratorium PG PAUD UNM, pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada guru TK mengenai konsep dan penerapan pembelajaran mendalam di satuan pendidikan anak usia dini.

Ia menggarisbawahi bahwa pendekatan ini sejatinya bukanlah sebuah kurikulum baru, melainkan pendekatan yang mendalam terhadap cara mengajar dan belajar. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada guru PAUD mengenai pendekatan pembelajaran sehingga guru tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga menciptakan ruang bagi anak untuk merenung, berpikir kritis, dan menghubungkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari mereka.

News Feed