FAJAR, MAKASSAR — PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) membuka peluang bagi pelaku UMKM di Indonesia, untuk meningkatkan kualitas produk agar dapat masuk ritel modern.
Regional Corporate Communication Manager Alfamart, Budi Santoso, mengatakan, pihaknya memberikan ruang khusus produk lokal di outlet-outlet Alfamart.
“Kami berkeliling ke beberapa daerah melakukan kurasi produk. Kali ini kami akan ke Kabupaten Luwu. Kerja sama dengan Pemkab Luwu, untuk memajukan produk lokal di sana,” jelas Budi saat berkunjung ke Redaksi FAJAR, Selasa malam, 20 Mei 2025.
Budi bersama timnya akan mendatangi Luwu pada Kamis, 22 Mei. Sosialisasi kurasi produk yang dilakukan pihaknya ini adalah bentuk dukungan terhadap UMKM di Indonesia. Sejauh ini, beberapa produk UMKM telah dibantu pemasarannya di outlet-outlet Alfamart.
“Kalau secara rasa, produk UMKM itu tidak kalah dari produk pabrikan. Bahkan banyak yang enak dan layak. Hanya saja, dari segi kemasan memang perlu dibuat lebih menarik. Jadi sayang kalau produk UMKM kita ini hanya dijual terbatas di pasar atau di toko oleh-oleh saja,” ungkapnya.
Pada sosialisasi kurasi produk, nantinya pihak Alfamart akan mengecek standardisasi kemasan, perizinan PIRT dan BPOM, label halal, serta masa berlaku.
“Jadi kita bantu produk UMKM bisa naik kelas. Kita bantu apa saja yang perlu diperbaiki dari produknya, misal kemasan dibuat menarik. Bahkan produknya bisa ekspansi ke daerah lain,” urai Budi.
Sebelumnya, Alfamart telah mewadahi sejumlah produk UMKM di berbagai daerah. Budi menjamin, produk UMKM yang lolos kurasi bisa mendapatkan tempat di outlet-outlet Alfamart.