English English Indonesian Indonesian
oleh

PPIH Arab Saudi  Genjot Layanan Jamaah, Fokus Distribusi Koper dan Pendamping Lansia di Makkah

FAJAR, MAKKAH—Dalam upaya memastikan kenyamanan dan keamanan seluruh jamaah haji Indonesia, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi terus melakukan pembenahan pelayanan, khususnya di Kota Makkah yang kini telah mulai dipadati oleh jamaah dari berbagai daerah di Indonesia.


Salah satu perhatian utama PPIH Arab Saudi saat ini adalah penanganan koper jamaah yang sempat tercecer serta pendataan pendamping lansia dan mahrom yang terpisah lintas sektor. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk kesigapan PPIH dalam memberikan rasa aman, terutama bagi jamaah yang memerlukan pendampingan khusus dari keluarga mereka.


“Hasil mitigasi kami dalam tujuh hari terakhir menunjukkan bahwa masalah utama di lapangan adalah koper jamaah yang belum sampai ke tangan pemiliknya dan pendamping lansia atau mahrom yang terpisah sektornya. Saat ini kami sudah meminta kepada petugas haji di lapangan untuk segera melakukan pendataan agar bisa disatukan kembali,” jelas Kepala Bidang Akomodasi PPIH Arab Saudi dalam keterangannya di Misfalah, Kamis (16/5).


Ia menambahkan, khusus untuk koper jamaah, tim PPIH telah membentuk satuan tugas khusus yang bertugas mendeteksi koper jamaah yang tercecer, terutama akibat proses pendorongan barang bawaan dari Madinah ke Makkah. Satgas ini bekerja dengan sistem pencocokan data penginapan jamaah, dan segera mengantarkan koper ke hotel tempat jamaah menginap. Proses ini telah berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif langsung kepada para jamaah.


“Alhamdulillah, banyak jamaah yang menyampaikan rasa terima kasih karena koper mereka bisa ditemukan dan diantar ke hotel. Hal sederhana ini membuat mereka merasa tenang dan terbantu,” lanjutnya.

News Feed