English English Indonesian Indonesian
oleh

Langkah Strategis Wujudkan Kualitas Pelayanan, Transformasi Terminal Ro-Ro Penumpang Diterapkan di Tanjung Wangi

“Hal penting lainnya adalah peningkatan aspek HSSE (Health, Safety, Security, and Environment) menjadi prioritas utama yang diwujudkan melalui berbagai upaya, seperti melakukan identifikasi terhadap kendaraan dan orang yang masuk ke terminal, menata alur lalu lintas (traffic flow) agar lebih tertib, menjaga kebersihan area pelabuhan, serta memperkuat pengawasan operasional secara langsung di lapangan yang didukung juga dengan CCTV,” beber Arif.

Branch Manager SPMT Tanjung Wangi, Eko Budyasmoro yang akrab disapa Ebe, menyampaikan bahwa pihaknya telah menerapkan standarisasi di sejumlah aspek penting guna meningkatkan kualitas layanan di pelabuhan.

Standarisasi tersebut mencakup penataan alur pelayanan bagi penumpang dan kendaraan, penyediaan fasilitas ruang tunggu yang lebih nyaman, penerapan sistem tiket dan boarding yang lebih tertib, penambahan rambu serta petunjuk visual yang memudahkan, hingga peningkatan prosedur keselamatan dan keamanan.

Melalui penerapan langkah-langkah ini, Eko berharap Pelabuhan Tanjung Wangi dapat memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat serta turut mendukung kelancaran arus logistik dan mobilitas penumpang di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya.

Standarisasi ini juga selaras dengan upaya digitalisasi dan modernisasi pelayanan kepelabuhanan yang dicanangkan oleh Pelindo dan Kementerian Perhubungan, sebagai bagian dari program nasional penguatan konektivitas maritim Indonesia.

Pelabuhan Tanjung Wangi saat ini melayani rute kapal RoRo dan penumpang yang menghubungkan Banyuwangi-Gili Mas Lombok serta kapal perintis rute Banyuwangi-Sapeken, menjadikannya simpul penting terhadap kestabilan harga barang di Wilayah Nusa Tenggara dan Kepulauan Madura.

News Feed