“Komitmen Indosat untuk memberdayakan Indonesia mencapai tonggak penting dengan peluncuran Digital Hub pada Februari 2025,” kata Vikram Sinha, Jumat, 2 Mei 2025.
Lebih lanjut Vikram Sinha menjelaskan salah satu pencapaian penting Indosat pada kuartal ini adalah implementasi teknologi AI-RAN secara komersial. Hal ini menjadikannya operator pertama di Asia Tenggara dan ketiga di dunia yang mengadopsi teknologi berbasis kecerdasan buatan pada jaringan RAN. Melalui kerja sama strategis dengan Nokia dan NVIDIA, AI-RAN memperkuat efisiensi jaringan 5G Cloud RAN milik Indosat sekaligus mengurangi konsumsi energi dan meningkatkan kualitas layanan secara keseluruhan.
Indosat juga menegaskan komitmennya terhadap transformasi lintas sektor melalui penyelenggaraan Indonesia AI Day for Mining Industry, yang mempertemukan pemangku kepentingan untuk menjajaki penerapan AI, 5G, dan IoT dalam meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan di sektor pertambangan salah satu pilar utama ekonomi nasional.
Selain memperkuat sisi teknologi dan jaringan, Indosat juga meluncurkan Digital Hub pada Februari 2025 sebagai platform ekosistem digital terintegrasi yang menghadirkan layanan di bidang hiburan, e-commerce, gaya hidup, dan kesehatan. Digital Hub langsung mendapat respons positif dari pasar, dengan lebih dari 50 juta pengguna aktif bulanan dan 10 juta pengguna harian di aplikasi myIM3 dan bima+.
Sejalan dengan inklusivitas teknologi, Indosat terus memperluas inisiatif pengembangan talenta digital melalui program seperti Generasi TerkonekSI (GenSi) dan IDCamp. Program ini bertujuan membekali generasi muda Indonesia dengan keterampilan berbasis AI, otomatisasi, dan kepemimpinan digital yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja masa depan. Sertifikasi global yang ditawarkan membuka akses menuju peluang kerja yang lebih luas dan berdaya saing tinggi.