Saat ini, ekonomi kreatif banyak digandrungi masyarakat, tanpa mengenal gender dan profesi. Apalagi, sudah marak platform digital untuk mendukung pemasaran produk. Para pedagang lokal di tiap daerah juga bisa maju.
Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif kembali menyelenggarakan program Emak-Emak Matic (Melek Teknologi), di Makassar sebagai bagian dari program peningkatan industri ekonomi kreatif tahun 2025 melalui sub sektor konten digital.
Kegiatan kali ini berkolaborasi dengan TikTok Shop by Tokopedia yang merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, dikemas dalam bentuk pelatihan keterampilan media digital pada platform digital khususnya sebagai afiliator dan konten kreator.
Program ini dirancang untuk turut mendukung program Asta Cita Presiden Prabowo yaitu Mengembangkan Industri Kreatif (Asta Cita ke-3) dan mendorong kemandirian bangsa melalui ekonomi digital (Asta Cita ke-2) sebagai prioritas utama, yang akan berdampak langsung terhadap peningkatan nilai tambah dan penciptaan lapangan kerja berkualitas. Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya mengatakan, saat ini ekonomi kreatif adalah mesin pertumbuhan baru (The New Engine of Growth) mempunyai peran yang strategis. Kolaborasi program dengan TikTok Shop by Tokopedia diharapkan dapat mendorong terciptanya ekosistem ekonomi kreatif yang lebih inklusif, berdaya saing, dan berdampak besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional.