English English Indonesian Indonesian
oleh

Bayar Tagihan Makin Praktis Tanpa Tinggalkan Rumah

FAJAR, MAKASSAR- Aplikasi mobile banking BRI kini semakin memudahkan nasabah dalam bertransaksi. Selain mudah dan cepat, fitur dalam BRImo juga semakin beragam. Memudahkan transaksi harian maupun keperluan pembayaran bulanan rumah tangga tanpa harus meninggalkan rumah.

Fitur yang tersedia dalam BRImo antara lain; tagihan meliputi pembayaran listrik, PDAM, internet, asuransi, PBB, pajak daerah, kartu kredit, cicilan, pasca bayar dan lain sebagainya. Lalu, ada top up seperti Brizzi, e-Wallet, Pulsa/data, token listrik, voucer game dan voucer streaming.

Kemudian, fitur lifestyle ada pembelian tiket transportasi baik udara, laut maupun darat. Hiburan dan kebutuhan harian. Fitur pendukung lainnya seperti setor dan tarik tunai, QRIS transver, virtual debit, catatan keuangan, investasi, donasi, pinjaman dan produk BRI lainnya.

Seorang Ibu Rumah Tangga di Makassar, Fatimah S (30), Rabu, 23 April 2025 menuturkan seluruh aktivitas transaksinya menggunakan BRImo. Mulai belanja kebutuhan harian dan anak, baik melalui Tokopedia, Shopee, Tiktok maupun belanja offline di retail modern.

Menurutnya, transaksi nontunai lebih mudah jika ke mana-mana. Tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak yang memakan tempat di dompet. “Tidak ribet, tidak perlu juga menunggu uang kembalian. Sehingga, transaksi lebih cepat baik pakai QRIS maupun transfer,” ujar alumni Fakultas Ilmu Komputer UMI Makassar ini.

Selain itu, ibu satu anak ini dimudahkan saat membayar tagihan bulanan. Tidak perlu meninggalkan rumah, semua tagihan jadi beres. Seperti beli token listrik, beli pulsa atau data, bayar tagihan internet dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, ia juga kerap beli tiket pesawat melalui BRImo. Pembayarannya tanpa biaya admin. “Jika beruntung, biasa ada diskonnya juga,” tambah perempuan kelahiran Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulsel ini.

Ia menambahkan, salah satu kelebihan lain BRImo dibanding mobile banking lain, yakni BRImo menyediakan menu investasi di aplikasi, jadi bisa langsung investasi seperti reksadana.

Hal senada diungkap Warga Jalan Sungai Saddang Makassar, Hasriati (27). Menurut dia, di tengah panasnya cuaca dan macet di Makassar, BRImo adalah salah satu solusi jika ingin melakukan pembelian apapun. Dia sering melakukan Top Up dari BRImo jika ingin transaksi online.

Termasuk, melakukan transfer, bayar berbagai tagihan seperti listrik, PDAM, hingga BPJS mandiri.  “Pakai BRImo lebih mudah dan cepat. Tanpa harus ke mana-mana,” ujar alumni Biologi UNM ini.

Lain halnya dengan Warga Antang Makassar Nurhadi (45). Ia dan istri kerap memanfaatkan promo diskon dari BRI dengan transaksi menggunakan BRImo. Karyawan swasta ini selalu memantau promo spesial kerja sama dengan merchant-merchat BRI yang ada di Makassar. ” Di rumah-rumah makan misalnya, biasa ada promo diskon hingga 30 persen. Transaksi lewat BRImo. Betul-betul memanjakan nasabahnya,” tambahnya.

Dikutip dari website resmi BRI,  BRImo pun mencatat pertumbuhan yang signifikan. Tercatat, pada Triwulan I/2025, jumlah pengguna BRImo telah mencapai 40,28 juta, meningkat 20,26 persen  dibandingkan tahun sebelumnya.Sementara itu, dari sisi nilai transaksi, BRImo mencatatkan volume transaksi sebesar Rp1.599 triliun atau meningkat 27,79 persen  yoy.

Selain mencatatkan pertumbuhan signifikan dalam jumlah pengguna dan transaksi, BRImo juga mendapatkan pengakuan luas sebagai super apps terbaik di Indonesia, yang tercermin dari raihan rating 4,7 baik di Google Play Store maupun App Store.

BRI Terus Berinovasi Hadirkan Vitur Baru
Sebagai wujud komitmen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) dalam memberikan layanan terbaik dan menjangkau lebih banyak segmen nasabah, kini super apps BRImo hadir dalam versi bilingual, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Fitur bilingual ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan pengguna dalam bertransaksi digital, khususnya bagi nasabah yang lebih familiar dengan Bahasa Inggris maupun nasabah Warga Negara Asing (WNA).

Terkait dengan hal tersebut, Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengatakantransformasi digital di BRI tidak hanya berfokus pada pengembangan fitur, namun juga pada aspek kemudahan dan inklusivitas. Dengan hadirnya layanan bilingual ini, BRI berharap BRImo dapat menjadi aplikasi digital banking yang makin adaptif terhadap kebutuhan nasabah dari berbagai latar belakang.

“Hadirnya BRImo dalam dua pilihan bahasa, kami ingin memastikan bahwa setiap nasabah dapat menggunakan layanan BRImo dengan lebih mudah dan nyaman,” ujar Hendy dikutip website resmi BRI.

Adapun, untuk mengganti bahasa di BRImo, pengguna cukup memilih ikon bahasa yang tersedia di halaman awal (welcome page) atau layar login aplikasi. Selain itu, pengaturan bahasa juga dapat diakses melalui menu “Pengaturan Akun” di dalam aplikasi.

Dengan lebih dari 100 fitur, super apps BRImo menjadi solusi untuk berbagai kebutuhan nasabah, mulai dari transaksi perbankan dasar, pembayaran tagihan, investasi, hingga layanan keuangan lainnya dalam satu aplikasi. BRImo juga mendukung transaksi lintas batas, memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai jenis transaksi secara praktis dan efisien.

“Ke depan, BRI berkomitmen untuk terus mengembangkan BRImo dengan menghadirkan fitur-fitur baru guna meningkatkan kenyamanan dan keamanan, sehingga dapat memberikan layanan perbankan digital terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Hendy.

Adapun beberapa menu utama di BRImo yang kini sudah tersedia dalam versi bilingual antara lain: Login, Homepage, Pengaturan Akun, Mutasi, Aktivitas, BRIZZI, BRIVA, Transfer (kecuali Transfer RTGS), Top Up E-Wallet, Pulsa & Data, Setor/Tarik Tunai dan Info Limit. (lin)

News Feed