FAJAR, MAKASSAR — Dua raksasa telekomunikasi Indonesia, PT XL Axiata Tbk dan PT Smartfren Telecom Tbk, bersama entitas anak PT Smart Telecom, resmi bergabung. Mereka melahirkan perusahaan baru bernama PT XL Smart Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART).
Presiden Direktur dan CEO XLSMART, Rajeev Sethi, menyebut penggabungan ini sebagai lompatan besar untuk memperkuat konektivitas digital di seluruh Indonesia. Pembentukan XLSMART adalah langkah penting dalam mewujudkan tujuan menghubungkan setiap orang Indonesia untuk kehidupan yang lebih baik.
Rajeev menegaskan, XL dan Smartfren tetap akan hadir sebagai merek dagang yang melayani segmen seluler dan broadband rumah. Sementara segmen korporasi dan UMKM akan ditangani oleh unit khusus XLSMART for Business. Dengan basis pelanggan gabungan mencapai 94,5 juta dan pangsa pasar sebesar 25%, perusahaan menargetkan menjadi operator paling dicintai di Indonesia pada 2027.
“Ini bukan sekadar penggabungan perusahaan. Ini adalah lompatan besar untuk ekosistem digital Indonesia. Dengan struktur dan identitas baru, kami siap memberdayakan masyarakat, pelaku usaha, dan institusi di seluruh Indonesia. Tim kepemimpinan kami penuh semangat untuk menghadirkan masa depan digital yang berani, inklusif, dan berpusat pada manusia,” kata Rajeev, Jumat, 18 April 2025.
Lebih lanjut Rajeev menjelaskan dengan pangsa pasar gabungan 25%, proyeksi pendapatan proforma Rp45,8 triliun, dan basis pelanggan lebih dari 94,5 juta. XLSMART menargetkan menjadi perusahaan yang paling dicintai di Indonesia pada 2027.