BRILink adalah layanan keuangan digital dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang menggandeng masyarakat sebagai agen resmi untuk melayani kebutuhan transaksi keuangan seperti setor tunai, tarik tunai, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, hingga transfer antarbank. Layanan ini hadir sebagai bentuk strategi inklusi keuangan yang menyasar masyarakat di pelosok yang belum terjangkau jaringan kantor bank konvensional.
Menurut Anwar, keberadaan BRILink di desa juga turut mengubah pola pikir masyarakat soal pentingnya menabung. Kini, hasil sadap karet yang sebelumnya langsung habis untuk kebutuhan harian, sebagian bisa disisihkan dan ditabung untuk keperluan mendesak di kemudian hari.
“Kami jadi punya pegangan. Dulu kalau ada keperluan mendesak, bingung mau cari uang ke mana. Sekarang, karena sudah terbiasa menyisihkan sedikit demi sedikit lewat BRILink, ada dana cadangan. Rasanya lebih tenang,” ujarnya.
Pimpinan Cabang (Pimcab) BRI Bulukumba, Zainal Arifin, menjelaskan bahwa Kantor Unit BRI telah tersebar di semua Kecamatan di Kabupaten Bulukumba. Bahkan ada beberapa kecamatan dimana telah tersedia dua kantor unit, misal di Rilau Ale dan Gantarang.
Lebih lanjut, Zainal Arifin mengungkapkan bahwa BRI juga telah menyiapkan sebanyak 2400 Agen BRI Link yang tersebar di seluruh Desa dan Kelurahan di Kabupaten Bulukumba.
“Dengan demikian, masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan perbankan BRI,” ujarnya.
Kehadiran Agen BRI Link tersebut, Kata Zainal, diharapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan di Kabupaten Bulukumba. Serta memfasilitasi masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan.