FAJAR, JAKARTA-Citilink dan Traveloka berkomitmen untuk menjalankan kegiatan sports tourism dengan menghadirkan acara lari DiscoveRun 2025 yang akan diselenggarakan di Makassar pada 28 Juni 2025 mendatang. Acara yang mengusung tema “Energizing Tourism” ini menggabungkan konsep olahraga dan ekonomi pariwisata serta pemberdayaan UMKM lokal dengan konsep keberlanjutan.
Pada acara Citilink x Traveloka DisoveRun ini, para peserta nantinya dapat menikmati keindahan wisata setempat sambil menjalankan hobinya, yakni berlari. Acara ini dapat dinikmati oleh setiap kalangan dengan berbagai kegiatan family-friendly yang telah dipersiapkan seperti bazar kuliner UMKM Makassar yang ikonik serta konser musik.
Pandu Fajar Wisudha, Plt. Direktur Niaga dan Kargo Citilink mengatakan, acara Citilink x Traveloka DiscoveRun ini merupakan salah satu bentuk komitmen Citilink dalam mendukung pengembangan sports tourism sebagai bagian dari upaya memajukan sektor pariwisata dan olahraga secara berkelanjutan.
“Melalui kegiatan ini, kami tidak hanya mengusung semangat sportivitas dan kesehatan, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, pelestarian budaya, serta promosi destinasi unggulan Indonesia, sekaligus menjaga keberlangsungan lingkungan melalui energi terbarukan,” ujarnya.

Charles Wong, VP of Commercial, Airlines Traveloka mengaku percaya bahwa sinergi antara olahraga dan pariwisata mampu menciptakan pengalaman yang berkesan bagi para wisatawan, sekaligus membuka peluang yang luas bagi pelaku UMKM, komunitas lokal dan generasi muda.
“Acara Citilink x Traveloka DiscoveRun ini tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkenalkan keindahan alam, budaya lokal dan potensi wisata daerah kepada para peserta,” ungkapnya.
Selaras dengan tema Energizing Tourism dan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan Perusahaan (Corporate Social Responsibility), Citilink dan Traveloka Ingin berkontribusi untuk masyarakat setempat dengan tema “Cahaya Untuk Negeri”. Pada kegiatan ini, Citilink dan Traveloka akan mengumpulkan donasi dari energi listrik ramah lingkungan bersama para peserta dengan menggunakan treadmill dan sepeda statis.
Kedua alat ini nantinya akan menjadi kampanye edukasi hemat energi dengan cara mengonversi energi gerak menjadi energi listrik. Jumlah energi listrik yang terkonversi akan diakumulasi jumlahnya, dan total akumulasi tersebut akan menjadi total watt lampu solar panel yang akan dipasang di desa setempat.
Citilink dan Traveloka akan menghadirkan beragam rangkaian pre-event DiscoveRun yang akan dimulai pada April hingga Juni mendatang di beberapa kota, yaitu Jakarta, Surabaya, Bali, Yogyakarta, serta puncak acara di Makassar.
Citilink x Traveloka DiscoveRun ini merupakan salah satu dari rangkaian 4 (empat) kegiatan Citilink Sports Tourism, di mana sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan Sight Teeing Golf Tournament pada Februari 2025 lalu, kemudian selanjutnya akan diikuti dengan kegiatan Citicyclink Community dan Citilink Basketball League hingga penghujung tahun 2025.
Sekadar diketahui, Citilink merupakan maskapai penerbangan di bawah naungan Garuda Indonesia Group yang saat ini melayani lebih dari 80 rute ke lebih dari 50 destinasi di Indonesia maupun internasional. Sementara Traveloka adalah platform perjalanan all-in-one terdepan di Asia Tenggara yang menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia dengan layanan tepercaya dan berkelas dunia. Didirikan pada tahun 2012, Traveloka saat ini telah beroperasi di Australia, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Dengan lebih dari 140 juta unduhan aplikasi dan lebih dari 40 juta pengguna aktif bulanan, Traveloka menjadi salah satu platform perjalanan terpopuler di kawasan ini. (*)