English English Indonesian Indonesian
oleh

OJK Sulselbar Gencarkan Edukasi Keuangan

FAJAR, MAKASSAR – Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar) terus memperkuat literasi dan inklusi keuangan di masyarakat. Hingga 28 Februari 2025, OJK Sulselbar telah menggelar 17 kegiatan edukasi dalam berbagai bentuk, seperti sosialisasi, workshop, dan program edukasi lainnya.

Kepala OJK Sulselbar, Moch Muchlasin, menyebutkan bahwa kegiatan ini berhasil menjangkau 218.375 peserta dari berbagai kalangan, termasuk masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, pelaku UMKM, perempuan, dan tenaga kerja di berbagai sektor. “Kami terus berkomitmen untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap layanan keuangan agar mereka bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan dan mengakses layanan keuangan yang tersedia,” ujarnya, Kamis, 20 Maret.

Muchlasin menambahkan bahwa program edukasi keuangan di bulan Ramadan, yang dikenal sebagai Gerak Syariah, tetap berlanjut melalui kerja sama dengan pemerintah, universitas, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya. Hingga Maret 2025, tercatat 10 kegiatan yang telah melibatkan 97.610 peserta.

Selain edukasi, OJK Sulselbar juga terus memberikan layanan konsumen. Per Februari 2025, tercatat 101 layanan konsumen yang terdiri dari 26 penerimaan informasi, 48 pemberian informasi, dan 27 layanan pengaduan. Dari jumlah tersebut, 55 layanan terkait perbankan, 20 layanan terkait perusahaan pembiayaan, 4 terkait fintech, serta masing-masing 1 layanan terkait pergadaian dan asuransi.

OJK Sulselbar juga mencatat tingginya permintaan informasi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), dengan total 2.276 layanan per 28 Februari 2025. “Kami berharap edukasi dan layanan ini dapat membantu masyarakat dalam mengambil keputusan keuangan yang lebih baik serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui UMKM yang lebih cakap keuangan,” pungkas Muchlasin. (edo)

News Feed