FAJAR, MAKASSAR-Career Center Universitas Hasanuddin kembali menghadirkan program Kelas Karir dengan tema “Dasar-Dasar Keprotokoleran dan Etika di Lingkungan Kampus”. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 18 Maret 2025, pukul 16.00 WITA di Lantai Dasar Gedung Rektorat Unhas dan dihadiri sekitar 50 peserta yang merupakan mahasiswa serta alumni Unhas.
Kelas Karier kali ini menghadirkan Ir. Marsuki Pasman, ST., MM., yang saat ini menjabat sebagai Protokoler Rektor Universitas Hasanuddin. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan bahwa pemahaman keprotokoleran sangat penting bagi mahasiswa karena dapat membangun karakter profesional, meningkatkan keterampilan interpersonal, serta menjadi bekal memasuki dunia kerja.
Selain itu, pemahaman tentang keprotokoleran juga membantu mahasiswa dalam membangun reputasi baik di lingkungan akademik maupun profesional.
“Supaya kita berintegritas, harus melatih diri. Dimulai dari hal-hal kecil, misalnya disiplin jadwal kuliah. Kalau masuk dunia kerja ini sangat penting,” ujar Marsuki Pasman.
Pada kesempatan ini, pembicara juga mengulas isi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 42 Tahun 2022 tentang Keprotokolan di Lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Aturan ini menjadi pedoman dalam pelaksanaan kegiatan di lingkup Unhas, termasuk tata cara penyelenggaraan acara resmi, posisi duduk VIP, dan aspek teknis lainnya.
Kegiatan berlangsung secara interaktif dengan sesi tanya jawab antara peserta dan pemateri. Mahasiswa tampak antusias berdiskusi mengenai penerapan keprotokoleran di lingkungan kampus maupun dalam dunia kerja. Selain memberikan pemahaman teoritis, Marsuki Pasman juga berbagi pengalaman serta berbagai tantangan yang dihadapinya selama menjadi protokoler rektor.
Hadir dalam kegiatan ini Kepala Career Center Unhas, Burhan Kadir, S.S., M.A. Dalam sambutannya, ia menekankan bahwa pemahaman tentang keprotokoleran akan menjadi nilai tambah bagi mahasiswa saat memasuki dunia kerja.
“Pemahaman dan pengetahuan seperti ini ke depannya sangat penting karena kalian akan berkarier di kantor-kantor. Paham tentang alur kegiatan dan mengatur kegiatan dengan baik akan menjadi nilai tambah dalam dunia profesional. Terima kasih kepada pemateri yang telah berbagi ilmu serta kepada mahasiswa yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ujar Burhan Kadir. (*)