FAJAR, MAKASSAR — Aroma khas roti segar langsung menyambut pengunjung begitu memasuki outlet Roti & Brownis Daeng di Jl Letjen Hertasning, Makassar. Sejak berdiri pada 2013 sebagai usaha rumahan, bisnis ini kini berkembang pesat menjadi salah satu ikon kuliner khas Makassar dengan 11 cabang yang tersebar di berbagai lokasi.
Di balik kesuksesan Roti & Brownis Daeng, inovasi dan konsistensi dalam menjaga kualitas menjadi kunci utama. Wakil HRD Roti & Brownis Daeng, Ainina Istiqomah menjelaskan, bahwa usaha ini awalnya hanya menjual roti secara sederhana. Namun, dengan terus menambah variasi produk dan mengikuti tren pasar, kini mereka menawarkan lebih dari 50 varian roti, brownis, pizza, serta kue tradisional.
“Kami selalu menghadirkan inovasi baru, baik dari segi rasa maupun tampilan produk. Selain itu, strategi pemasaran yang terus dikembangkan juga berperan besar dalam perkembangan bisnis ini,” ujar Ainina.
Salah satu langkah strategis yang diterapkan adalah memperluas akses pelanggan melalui platform daring seperti GoFood dan GrabFood. Selain itu, kemitraan dengan BRI sejak 2019 juga membuka peluang lebih luas bagi Roti Daeng untuk memperkenalkan produknya di berbagai pameran, termasuk ajang Brilian Preneur.
Tak hanya berkembang dalam skala bisnis, Roti & Brownis Daeng juga berkomitmen menjaga kualitas produknya. Kepala Produksi Kue Tradisional dan Snack Boks, Misna, menuturkan bahwa mereka memiliki kebijakan ketat dalam menjaga kesegaran produk.
“Kue tradisional yang masih terpajang hingga pukul 15.00 harus ditarik dari semua outlet, agar pelanggan selalu mendapatkan produk yang segar dan berkualitas,” jelasnya.