English English Indonesian Indonesian
oleh

Jurus Unilever Indonesia Manfaatkan Data untuk Tetap Relevan di Pasar 

Peluncuran produk yang sesuai dengan tren dan kebutuhan konsumen akan membantu sebuah perusahaan untuk tetap relevan di pasar.

Contoh lainnya adalah bagaimana Unilever Indonesia meluncurkan produk-produk ‘tier 2’ atau varian lebih terjangkau dari produk-produk premiumnya untuk memungkinkan produk Unilever dapat diakses oleh masyarakat kelas menengah dan bawah.

Hal itu dilakukan setelah mengamati tren penurunan pembelian di segmen masyarakat kelas menengah.

“Itu juga yang menjadi salah satu acuan kita dalam bagaimana kita meluncurkan produk kita karena kita juga harus relevan in the market, produk kita bisa dibeli oleh masyarakat dari semua segmen. Maka dari itu salah satu strategi kita adalah memastikan bahwa produk kita itu ada di semua segmen konsumen,” katanya.

Sebagai perusahaan besar dengan 8 pabrik, lebih dari 40 merk, dan melayani 600 distributor, Unilever menghadapi tantangan besar dalam mengelola data agar tetap akurat, efisien, dan bermanfaat.

“Challenge-nya adalah bagaimana kita mengelola data tersebut dengan seminimal mungkin human error dan bisa memberikan insight yang berkualitas. Jadi, dalam menggunakan data yang paling penting adalah bagaimana kita menerjemahkan data yang kita miliki menjadi insight yang berguna. Kuncinya ada tiga hal, pertama bagaimana kita bisa menstandarisasi, bagaimana kita bisa kemudian konsisten, dan juga simplifikasi,” tutur Esti.

Ketiga kunci tersebut penting diperhatikan guna memastikan data yang dihimpun terstandarisasi secara berkualitas dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan dalam penyajiannya.

News Feed